Advertisement

Singapura Bakal Tes Covid-19 untuk Warga Usia 13 Tahun

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 26 Juni 2020 - 14:27 WIB
Nina Atmasari
Singapura Bakal Tes Covid-19 untuk Warga Usia 13 Tahun Sejumlah orang berjalan di Marina Bay Singapura pada 12 Februari 2020, ketika wabah corona mulai menyergap negara pulau itu. - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong, menyatakan mulai 1 Juli, semua warga Singapura berusia 13 tahun ke atas yang menunjukkan gejala infeksi pernapasan akut pada tingkat pertama akan diuji COVID-19.

Langkah ini untuk mencegah mereka yang mengalami masalah pernapasan untuk menghindari mengalami infeksi yang berkepanjangan.

Advertisement

"Kami akan mengujinya pada hari pertama ketika mereka ke dokter dengan gejala infeksi pernapasan akut," katanya dikutip dari channelnewsasia.com, Kamis (25/6/2020).

Baca juga: Dugaan Penggelapan Dana Bansos di Bantul: Polres Tunggu Laporan Pihak yang Dirugikan

Saat ini, pengujian hanya dilakukan untuk pasien berusia 45 tahun ke atas. Langkah ini merupakan bagian dari strategi Singapura untuk dengan cepat mengisolasi kasus dan mencegah terbentuknya kelompok besar infeksi di tengah meningkatnya kasus.

Singapura sedang dalam fase 2 pembukaan kembali, setelah periode "pemutus sirkuit" selama dua bulan yang melarang penduduk meninggalkan rumah mereka kecuali untuk kegiatan-kegiatan penting seperti membeli makanan.

Mr Gan mengakui bahwa jumlah kasus di masyarakat tetap rendah, tetapi negara perlu tetap waspada. "Kami telah menguji secara lebih luas di antara kelompok-kelompok populasi kunci di masyarakat," kata Gan selama konferensi pers virtual yang diadakan oleh gugus tugas multi-kementerian multi-kementerian COVID-19.

Baca juga: 20 Juta Penduduk Amerika Serikat Diperkirakan Sudah Terinfeksi Covid-19

Kelompok lain yang sedang diuji adalah kontak dekat dari kasus COVID-19 yang dikonfirmasi terlepas dari apakah mereka memiliki gejala atau tidak.

Kontak dekat ini diuji pada awal dan akhir periode karantina kasus yang terinfeksi.

Menurut Mr Gan, wisatawan yang datang juga akan diuji sebelum karantina rumah berakhir. Untuk tujuan pengawasan, mereka yang rentan atau memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi COVID-19 juga diuji, katanya.

Ini termasuk penghuni dan staf panti jompo, anggota staf pra sekolah dan mereka yang kembali bekerja di beberapa sektor layanan penting.

Gan mengatakan bahwa kementerian kesehatan akan memberikan "hibah jaminan" untuk mendukung klinik Kesiapsiagaan Kesehatan Masyarakat (PHPCs), untuk mendukung klinik jika dokter mereka mengontrak COVID-19 atau ditempatkan di bawah karantina selama pekerjaan mereka.

Klinik yang memenuhi syarat akan menerima US$ 500 per hari untuk "memungkinkan mereka mempekerjakan locum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement