Advertisement

BMKG: Februari Puncak Hujan, Kondisi Tanah Sudah Jenuh Air

Newswire
Rabu, 08 Januari 2020 - 07:57 WIB
Nina Atmasari
BMKG: Februari Puncak Hujan, Kondisi Tanah Sudah Jenuh Air Hujan deras - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Indonesia telah memasuki musim hujan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa puncak musim hujan di wilayah Indonesia akan terjadi pada Februari mendatang.

"Aliran udara dari Asia melalui Samudera Pasifik sampai Maret. Tetapi aktivitas curah hujan yang diakibatkan itu mulai meningkat pada Januari dan puncak musim hujan pada Februari. Mulai akhir Januari masuk Februari hingga awal Maret," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers di Kantor BMKG Jakarta, Selasa (7/1/2020) seperti dilaporkan Antara.

Advertisement

Ia menjelaskan bahwa curah hujan pada Februari secara akumulasi selama satu bulan adalah yang tertinggi dibandingkan dengan bulan lainnya.

Meski demikian, ia juga memprediksi hujan tidak selalu terjadi setiap hari dan tidak dengan curah hujan dengan intensitas yang sama.

"Secara kumulatif selama Februari besok itu selama satu bulan curah hujannya diprediksi yang tertinggi meskipun tidak selalu setiap hari itu hujan. Tapi curah hujannya yang tertinggi," katanya.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan hujan dengan intensitas sangat lebat dan ekstrem.

"Poinnya semua harus tetap kita waspadai karena semakin berlanjut dari Januari sampai masuk Februari kondisi lingkungan kita, kondisi tanah itu sudah jenuh [terhadap] air. Jadi kapasitas untuk menyerap air juga semakin berkurang," katanya.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan guna meminimalkan kemungkinan dampak yang lebih besar dari hujan lebat, seperti banjir atau tanah longsor.

"Karena kondisi tanah sudah jenuh dan saluran-saluran air juga sudah mulai terisi sedimen-sedimen, sehingga tidak harus menunggu hujan yang seperti itu, bisa saja menjadi jenuh air limpasan terjadi ataupun banjir dan longsor," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement