Advertisement

Anak Perlu Dikenalkan Nilai Toleransi sejak Dini

Newswire
Rabu, 20 November 2019 - 08:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Anak Perlu Dikenalkan Nilai Toleransi sejak Dini Ilustrasi toleransi antar umat beragama. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pelindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai bahwa anak perlu dikenalkan dengan nilai-nilai toleransi, peka sosial, gotong royong, kasih sayang, dan kebersamaan sejak masih usia dini.

"Tidak hanya diperkenalkan, tetapi perlu ditanamkan melalui pembiasaan-pembiasan dari hal-hal yang sederhana mulai dari rumah hingga sekolah pendidikan usia dini," kata Ketua Komisi Susanto di Jakarta, Rabu (20/11/2019). 

Advertisement

Susanto menambahkan salah satu cara untuk memperkenalkan nilai-nilai sosial, kasih sayang, dan kebersamaan adalah saat anak bermain dengan teman atau saudaranya.

Anak perlu diajarkan untuk berbagi dan berganti mainan dengan saudara atau temannya, menghargai pendapat saudara atau teman yang berbeda saat bermain, dan lain-lain.

"Begitu pula dari segi beribadah dan beragama. Anak perlu diperkenalkan dan diberi pemahaman tentang keberadaan agama lain yang dianut oleh teman-temannya," tambahnya.

Menurut Susanto, anak perlu diajarkan untuk menghargai teman yang berbeda agama dan keyakinan saat bermain atau saat beribadah, misalnya menghormati teman yang berbeda agama untuk beribadah atau tidak memaksa teman yang berbeda agama untuk beribadah sesuai agama yang dianut anak tersebut.

"Tanamkan bahwa meskipun berbeda agama kita tetap satu bangsa, satu bahasa, satu negara dan bisa tetap bermain dan belajar bersama," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masa Jabatan Lurah Diperpanjang, Apdesi Bantul: Harus Dioptimalkan Untuk Peningkatan Kinerja Lurah

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement