Advertisement

Pasang Badan untuk Jokowi, Panglima TNI: Gagalkan Pelantikan Presiden Bakal Berhadapan dengan TNI

Newswire
Jum'at, 27 September 2019 - 23:17 WIB
Bhekti Suryani
Pasang Badan untuk Jokowi, Panglima TNI: Gagalkan Pelantikan Presiden Bakal Berhadapan dengan TNI Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto seusai rapat pimpinan TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2018). - Suara/Erick Tanjung

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan siap mengawal terlaksananya pelantikan Presiden Joko Widodo periode kedua Oktober mendatang.

Ia menegaskan kepada kesatuan dan prajuritnya mengenai tugas TNI dalam menjaga pertahanan Indonesia, terutama dalam peranan mengawal demokrasi.

Advertisement

Hadi berujar, TNI adalah menjaga keutuhan dan keselamatan bangsa. Hal itu dinyatakan Hadi di Skuadron Udara 17, Lanud Halim Perdanakusuma.

"Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, saya Panglima TNI ingin menegaskan bahwa tugas TNI adalah menjaga keutuhan dan keselamatan bangsa, sehingga demokrasi dan konstitusi dapat ditegakkan," ujar Hadi, Jumat (27/9/2019).

Ia bahkan menyatakan TNI tak segan ikut menghadapi segala bentuk tindakan inkonstitusional. Termasuk kalau ada pihak yang berupaya menggagalkan pelantikan Jokowi dan Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang.

"Siapa pun yang melakukan tindakan anarkis, inkonstitusional, cara-cara yang kurang baik, termasuk ingin menggagalkan pelantikan presiden dan wapres terpilih hasil pemilu akan berhadapan dengan TNI," tegasnya.

Terkait rentetan unjuk rasa oleh berbagai elemen mulai dari mahasiswa, pelajar dan kalangan masyarakat, Hadi mengatakan TNI bertugas mendukung pengamanan oleh Polri.

"Seperti yang saya sampaikan, tugas TNI mendukung, memberikan perbantuan kepada Polri, dalam tugas keamanan dan ketertiban masyarakat. Di mana saja kami akan dukung Polri, seperti kejadian di Gedung DPR/MPR," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement