Advertisement

Aksi 22 Mei: Ulama Diminta Memberi Ketenangan

Anggara Pernando
Senin, 20 Mei 2019 - 18:52 WIB
Budi Cahyana
Aksi 22 Mei: Ulama Diminta Memberi Ketenangan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra. - JIBI/Bisnis Indonesia/Gloria Fransisca Katharine Lawi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Para ulama diminta memberi ketenangan dan tidak mendorong umat melakukan unjuk rasa.

"Harusnya ulama jangan partisan. Jadi itu menurut saya sikap ulama tidak bijak. Ulama harusnya menenangkan umat, memberi ketenangan, memberi kesabaran apalagi di bulan puasa seperti sekarang ini," kata Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra di sela buka bersama Dewan Masjid Indonesia dan Pemuka Agama Islam di Istana Wakil Presiden Jakarta, Senin (20/5/2019).

Menurutnya, rencana demontrasi yang diserukan sejumlah ulama pada 22 Mei mendatang kurang tepat. Pasalnya demonstrasi adalah ekspresi hawa nafsu. Sedangkan fungsi puasa adalah menahan hawa nafsu.

"Kita harus apresiasi ulama NU, pimpinan PBNU, pimpinan Muhammadiyah Pak Haedar Nashir sudah mengimbau. Mereka pimpinan umat. Umat jgn ikut-ikutan [demonstrasi]. Serahkan itu [permasalahan Pemilu] sesuai ketentuan perundang-undangan," katanya.

Polda Metro Jaya sudah menerima 6 surat pemberitahuan izin keramaian yang akan digelar pada 22 Mei 2019 dengan total estimasi massa aksi lebih dari 1.500 orang di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono memprediksi massa aksi yang akan turun ke jalan pada 22 Mei 2019 nanti bisa bertambah, karena itu Polri tetap akan memberi pengamanan maksimal dengan menerjunkan 50.000 personil Polri-TNI di sekitar Kantor KPU, agar pengumuman hasil Pemilu 2019 bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Sabtu 27 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement