Advertisement

Yenny Wahid Tawarkan Konsep Smart City untuk Ibu Kota Baru

Sholahuddin Al Ayyubi
Senin, 06 Mei 2019 - 20:57 WIB
Budi Cahyana
Yenny Wahid Tawarkan Konsep Smart City untuk Ibu Kota Baru Yenny Wahid - JIBI/Bisnis Indonesia/Aziz Rahardyan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Putri Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid (Gusdur), Zannuba Arifah Chafsoh (Yenny Wahid) menilai wacana pemindahan Ibu Kota sudah tepat, karena sumber daya di Jawa sudah tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan penduduknya.

Yenny mengaku sudah memiliki konsep kota pintar yang harus diterapkan di Ibu Kota baru nanti agar berkelanjutan. Sumber daya air dan lahan yang makin terbatas akan menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah, misalnya masalah perebutan lahan dan timbulnya penyakit karena tidak mendapatkan akses untuk mendapatkan air bersih,” tuturnya dalam keterangan resminya, Senin (6/5).

Advertisement

Yenny berpandangan perlu upaya komprehensif dan visioner agar ada sentra geopolitis baru selain DKI Jakarta agar tercipta efek ekonomi dan efek perpindahan penduduk yang masif. Selain itu, dia juga optimistis pemindahan Ibu Kota juga dapat menciptakan lapangan kerja dalam rangka pembangunan Ibukota baru.

“Kita sama-sama tahu government spending atau belanja pemerintah masih menjadi salah satu faktor besar dalam menggerakkan roda ekonomi, karenanya kalau belanja pemerintah diarahkan ke daerah lain, maka efek yang tercipta signifikan,” katanya.

Menurutnya, konsep kota pintar yang diterapkan di Ibu Kota baru yang memiliki konektititas yang stabil dan optimalisasi big data agar dapat mengatur seluruh sistem yang berjalan, seperti pengelolaan limbah hingga suplai energi dan air.

“Kota baru nanti harus mempunyai lebih banyak lagi sistem transportasi yang ramah lingkungan, misalnya ada lebih banyak ride sharing, juga harus menerapkan cashless system agar lebih efisien,” ujar Yenny.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement