Advertisement

Diterjang Angin Puting Beliung, Ratusan Rumah di Gresik Rusak

Newswire
Kamis, 29 November 2018 - 21:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Diterjang Angin Puting Beliung, Ratusan Rumah di Gresik Rusak Ilustrasi angin kencang. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GRESIK-Ratusan rumah rusak dan lima orang terluka di wilayah Kecamatan Benjeng dan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Jawa Timur akibat terjangan angin puting beliung, Kamis.

Kepala Desa Banter, Ridwan dikonfrimasi di Gresik, Kamis (29/11/2018) membenarkan peristiwa tersebut, dan diperkirakan puting beliung melanda Desa Banter, Benjeng, serta Desa Tlogogede, Kecamatan Balongpanggang.

Advertisement

"Memang benar ada rumah rusak, ketika itu terjadi hujan disertai angin kencang. Dan beberapa rumah warga mengalami kerusahakan" katanya.

Ratusan rumah yang rusak itu antara lain di bagian atap, dengan banyak genting beterbangan dan berserakan di sekitar rumah. "Kalau kami total ada 108 rumah. Untuk korban jiwa tidak ada, hanya luka-luka. Yang terdata di kami sementara ini ada lima orang luka," katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi angin kencang atau puting beliung yang sebelumnya pernah memorak-porandakan beberapa kawasan Jatim masih akan berpotensi terjadi selama sepekan ke depan di wilayah setempat.

"Angin puting beliung masih berpeluang terjadi sepekan ke depan di Jatim, ditambah hujan deras yang akan menyertainya," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda Taufik Hermawan di Surabaya.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, ditambah angin kencang sesaat pada siang, sore atau malam.

Kewaspadaan itu, kata dia, khususnya di wilayah Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Jombang, serta Situbondo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tekan Kasus Stunting, Remaja Putri di Sleman Diberi Edukasi

Sleman
| Selasa, 23 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement