Advertisement

Pelantikan Prabowo-Gibran Akan DIhadiri 20 Kepala Negara, Ini Jadwalnya

Erta Darwati
Sabtu, 19 Oktober 2024 - 11:07 WIB
Sunartono
Pelantikan Prabowo-Gibran Akan DIhadiri 20 Kepala Negara, Ini Jadwalnya Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka menyampaikan keterangan pers seusai Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu Tahun 2024 di Jakarta, Rabu (24/4/2024). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebanyak 20 kepala negara dikonfirmasi akan menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden RI yang baru, pada Minggu (20/10/2024).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Rolliansyah Soemirat mengonfirmasi bahwa 20 tamu pada tingkat kepala negara akan hadir. “Sekitar 20 tamu pada tingkat kepala negara atau kepala pemerintah atau wakilnya. Terdapat 18 tamu undangan pada tingkat menteri atau pejabat tinggi lainnya yang telah ditunjuk untuk menjadi utusan khusus dari negaranya,” katanya, pada Jumat (18/10/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Prabowo-Gibran Dilantik 20 Oktober, Ini Pesan dan Harapan Sultan Jogja

Kedatangan 20 kepala negara tersebut sudah dimulai sejak Jumat sore (18/10/2024), yakni perwakilan dari Jerman di Bandara Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Adapun 18 kepala negara lainnya direncanakan akan tiba di Indonesia pada hari ini (19/10/2024) melalui dua bandara, yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Lanud Halim Perdanakusuma. Lebih terperinci, 18 kepala negara tersebut di antaranya dari Qatar, Thailand, Malaysia, Australia, dan Papua Nugini, di Bandara Halim.

Adapun lainnya, Rusia, Laos, Vietnam, Vanuatu, Brunei Darussalam, Timor Leste, Serbia, China, Kamboja, Selandia Baru, Solomon island, Filipina, dan Korea Selatan, akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, hari ini, Sabtu (19/10/2024). Kemudian, untuk perwakilan dari Singapura akan tiba di Tanah Air pada hari H pelantikan, di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (20/10/2024) pagi.

Roy menambahkan masih terdapat kemungkinan penambahan tamu undangan yang saat ini masih ditunggu konfirmasinya. Dia menjelaskan bahwa daftar undangan tersebut disusun bersama oleh seluruh lembaga terkait dan juga berkoordinasi dengan tim Presiden terpilih. Kedatangan para tamu kepala negara ini akan disambut dengan dentuman Arsenal Gun Salute TNI AL sebagai bentuk penghormatan.

BACA JUGA : Jelang Pelantikan Presiden, Permintaan Foto Prabowo-Gibran Meningkat

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden (Wapres) RI periode 2024-2029. Prabowo dan Gibran akan dilantik di Gedung DPR MPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Minggu (20/10/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Dua Korban Meninggal Kecelakaan di Tol Ungaran Dimakamkan di Ponpes Bin Baz Bantul

Bantul
| Sabtu, 19 Oktober 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement