Advertisement

Nilai Manfaat Dana Abadi Umat Bisa untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

Newswire
Selasa, 15 Oktober 2024 - 13:47 WIB
Sunartono
Nilai Manfaat Dana Abadi Umat Bisa untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat Anggota Badan Pelaksana Bidang Kemaslahatan, SDM dan Umum BPKH RI Sulistyowati. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Nilai manfaat dana abadi umat (DAU) terbukti mampu memberikan manfaat bagi masyarakat yang digulirkan melalui program kemaslahatan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indonesia (BPKH RI). Salah satunya untuk mendukung penambahan fasilitas layanan kesehatan berbasis sosial seperti Lembaga Amal Solopeduli yang belum lama ini mendapatkan satu unit ambulans.

Anggota Badan Pelaksana Bidang Kemaslahatan, SDM dan Umum BPKH RI Sulistyowati mengatakan ada dua yaitu dana setoran awal jemaah dan dana abadi umat (DAU). Dana yang digunakan untuk program kemaslahatan seperti pengdaan fasilitas ambulans tersebut sama sekali tidak menyentuh dana haji, melainkan menggunakan nilai manfaat DAU.

Advertisement

BACA JUGA : Kejaksaan Tangkap DPO Kasus Penipuan Haji Plus di Jogja, Begini Kronologinya

"Program kemaslaharan ini hanya menggunakan nilai manfaatnya saja, sehingga [dana] pokoknya tetap ada [tidak berkurang],"katanya dilansir Selasa (15/10/2024).

Program tersebut digulirkan dari kegiatan kemaslahatan BPKH yang telah berjalan bersama Solopeduli. Selain itu berkontribusi untuk peningkatan sarana dan prasarana kesehatan maupun pendidikan. Di antaranya pengadaan ambulans, alat kesehatan, pembangunan 5 ruang rawat inap gratis, mobil siaga, serta bantuan sarana prasarana pendidikan. Adapun penyerahan ambulnas untuk Klinik Solopeduli telah dilakukan pada Jumat (11/10/2024).

"Harapannya bisa digunakan untuk mendukung penanganan medis darurat serta pelayanan kesehatan keliling. Semoga bisa memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat dan semakin memperkuat kehadiran BPKH sebagai lembaga yang amanah dalam mengelola dana haji," ujarnya.

BACA JUGA : Tahun Ini BPKH Salurkan Dana Kemaslahatan Sebesar Rp224 Miliar

Manajer Klinik Solopeduli Megawati Nurjannah menyatakan bantuan ambulan ini menjadi langkah penting dalam sinergi dengan tujuan memperluas akses layanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan. Kliniknya telah lama menjadi pusat layanan kesehatan terjangkau bagi masyarakat pra-sejahtera.

"Penambahan fasilitas ambulans ini akan semakin memperkuat dalam memberikan layanan medis berkualitas kepada masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mengatasi Sampah di Pasar, Pemkab Bantul Menyiapkan TPS Semntara di Angkruksari

Bantul
| Rabu, 16 Oktober 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement