Advertisement

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif di Kustomfest Bisa Tembus Pasar Global

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 06 Oktober 2024 - 22:57 WIB
Sunartono
Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif di Kustomfest Bisa Tembus Pasar Global Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. ANTARA - HO/Kemenparekraf\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi Indonesia Kustom Kulture Festival (Kustomfest) 2024 di  Jogja Expo Center (JEC) pada Minggu (6/10/2024). Dalam kunjungannya, Sandiaga mendorong pelaku ekonomi kreatif yang memamerkan karyanya dalam Kustomfest 2024 untuk dapat tembus di pasar global. 

Sandiaga menilai kehadiran beberapa custom builder dari beberapa negara di Asia menunjukkan ajang modifikasi otomotif tersebut telah menyedot perhatian pelaku otomotif dunia. Dia pun mendorong pengembangan event tersebut di masa mendatang. 

Advertisement

“Saya tadi bertemu Jepang, Malaysia, SIngapura, Thailand, sudah menjadi event yang menjadi referensi bagi dunia custom,” ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Sandiaga memastikan akan membantu proses kurasi dan promosi produk ekonomi kreatif yang ada disana. Sehingga potensi ekonomi kreatif yang ada dapat dikenal hingga mancanegara. 

“Kami akan membantu kurasi dan promosi beberapa pelaku ekonomi kreatif kita keliling di event serupa di luar negeri di beberapa wilayah Asia. Kita sangat dikenal kemampuan kerajinan tangan sangat diunggulkan, ini anugerah yang harus kita kembangkan ke depan,” katanya. 

Dia juga memberikan catatan agar pelaku ekonomi kreatif dapat mencatatkan produk yang dijualnya, bukan hanya jasa yang dilakukannya. Dengan begitu, menurut Sandiaga seluruh transaksi yang ada dapat tercatat dalam neraca ekonomi kreatif. 

“Karena dalam neraca ekonomi kreatif [Transaksi barang dan jasa produk ekonomi kreatif], harus kita ukur sebagai nilai tambah dan kontribusi ekonomi kreatif ke perekonomian kita,” imbuh Sandiaga. 

Dia pun mendorong pelaku ekonomi kreatif mendaftarkan legalitas produk ekonomi kreatifnya. Dia mendorong agar mereka mengurus hak kekayaan intelektual, paten dan perizinan produknya. 

“Kita sudah menugaskan deputi bidang ekonomi digital dan produk kreatif untuk berkolaborasi dengan Kustomfest, apa yang diperlukan, hak dan kekayaan intelektual bisa kita fasilitasi, perizinan UMKM bisa ditata kelola ekonomi digital, dan di regulasi. Dan beberapa kegiatan internasional bisa kita dorong supaya mereka tampil di festival luar negeri untuk mempromosikan Jogja dan Kustomfest,” katanya. 

Sandiaga pun mengapresiasi penyelenggaraan Kustomfest tahun 2023 yang perputaran uangnya mencapai Rp20 miliar. Dia berharap tahun ini uang yang beredar dalam event tersebut lebih tinggi lantaran saat ini transaksi dapat dilakukan secara digital. 

Sandiaga menilai penyelenggaraan Kustomfest yang mampu memikat custom builder dari beberapa negara di dunia akan meningkatkan promosi pariwisata Jogja juga. Dia berharap melalui event tersebut, kunjungan pariwisata mancanegara ke DIY ikut meningkat. 

“Kami di kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif sangat mendorong event ini karena ini akan mendatangkan wisatawan mancanegara yang berkualitas. Tinggalnya lebih dari enam hari di Jogja dan sekitarnya,” ujarnya. 

Dari situ, Sandiaga melihat ada peluang penambahan penerbangan langsung ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). “Ini memicu kita untuk menghadirkan lebih banyak penerbangan langsung ke YIA,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pakualaman Gelar Sosialisasi Sejarah Nilai-nilai Kepakualaman di Sleman

Sleman
| Senin, 07 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement