Advertisement

Kementerian BUMN Bakal Panggil Bos Peruri Ihwal Errornya E-Meterai CPNS

Afiffah Rahmah Nurdifa
Jum'at, 06 September 2024 - 11:47 WIB
Ujang Hasanudin
Kementerian BUMN Bakal Panggil Bos Peruri Ihwal Errornya E-Meterai CPNS Ilustrasi ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berjanji akan refund atau mengembalikan dana apabila peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) gagal mengunggah E-Meterai pada saat pendaftaran.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan apabila calon peserta dirugikan secara materiil, maka pihaknya akan memberikan pengembalian dana.

Advertisement

"Saya belum dengar, tentunya kalau ada kerugian di sisi pengguna yang kemudian dia sudah bayar tapi belum tereksekusi tentu kita akan refund pasti. Nanti diskusi sama Dirut [Peruri]," kata Tiko kepada wartawan di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Tiko mengaku akan mendiskusikan lebih lanjut dengan Direktur Utama Perum Peruri, Dwina Septiani Wijaya. Dia juga akan memanggil Dwina untuk evaluasi terkait kendala layanan e-Meterai, infrastruktur digital Perpuri hingga kapasitas server.

Dia menyebut, pihaknya akan terus meningkatkan kapasitas digital kita di berbagai BUMN termasuk Peruri selaku badan usaha yang mendistribusikan e-Meterai. Tiko mengakui, beberapa hari terakhir kapasitas server terkendala pada waktu terjadi antrean mendaftar.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS di Gunungkidul Terhambat Gegara Sistem e-Meterai Down, Ratusan Pendaftar Tidak Bisa Melanjutkan

"Jadi kita memperbaiki dan kita buka supaya pendaftaran itu dibikin secara batch karena itu kemarin spek di ujung pada waktu last minutes mereka pada daftar semua," tuturnya.

Lebih lanjut, Tiko menuturkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan terkait perpanjangan proses pendaftaran CPNS. Hal ini dilakukan setelah banyaknha kejadian pelamar yang gagal menyematkan e-materai sehingga pendaftaran gagal.

"Saya rasa kalau secara sistem jadi harusnya sistem udah up lagi mungkin dalam waktu sebulan ke depan kita akan evaluasi dan improve infrastruktur dan kapasitasnya," ujarnya.

Sebelumnya, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) menyampaikan permohonan maaf atas gangguan sistem yang terjadi, yang berdampak pada gangguan pembelian dan pembubuhan materai elektronik (e-materai).

Gangguan sistem membuat website Peruri tidak dapat diakses yang membuat masyarakat kesulitan terhambat untuk mendaftar sebagai Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024.

"Saat ini kami sedang melakukan upaya terbaik untuk memulihkan kualitas layanan agar website materai elektronik dapat berfungsi kembali,” tulis akun Instagram Peruri Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muara Kali Progo Dibersihkan, Rencananya Bakal Melibatkan Pandawara Group

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement