Advertisement

Jokowi Bagi-bagi Bansos Beras Saat Kunker ke Jogja, Begini Kata Bappanas

Akbar Evandio
Jum'at, 30 Agustus 2024 - 14:17 WIB
Ujang Hasanudin
Jokowi Bagi-bagi Bansos Beras Saat Kunker ke Jogja, Begini Kata Bappanas Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan cadangan pangan pemerintah atau bansos kepada masyarakat penerima manfaat dalam acara yang digelar di Kantor Lurah Condongcatur. / Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali akan membagikan bantuan sosial alias bansos beras menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau Pilkada Serentak 2024. Pembagian bansos beras tersebut juga sudah dilakukan orang nomor satu di Indonesia tersebut saat kunjungan kerja ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada rabu (28/8/2024) lalu.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi memastikan bahwa stok beras bakal aman untuk memenuhi kebutuhan bantuan pangan yang bakal dilakukan pemerintah hingga akhir tahun.

Advertisement

Arief mengatakan bahwa akan ada pengadaan dalam Negeri untuk memenuhi kebutuhan cadangan beras nasional. Termasuk untuk pemberian bantuan sosial (bansos) beras 10 kg pada Agustus, Oktober, dan Desember pada tahun ini.

“Aman stok kan, sekarang 1,34 juta ton dan kita akan terus, saya juga sudah menugaskan ke Bulog 600.000 ton untuk pengadaan dalam negeri karena sekarang produksinya lagi baik sekarang. Tiga bulan terakhir ini produksinya di atas kebutuhan nasional 2,5 juta ton,” ujarnya kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (30/8/2024).

Meski begitu, dia mengamini bahwa pemerintah masih akan menyelesaikan kebutuhan import untuk 3,6 juta ton hingga akhir tahun ini. Menurutnya, saat ini ada 900.000 ton beras yang belum di eksekusi.

“Masih ada, kan 3,6 juta ton kan. Masih ada yang memang harus disiapkan, yang terakhir itu sekitar 900.000 ton yang belum dieksekusi. Ya nanti sambil kita lihat, pokoknya fokusnya hari ini adalah peningkatan produksi dalam negeri,” pungkas Arief.

BACA JUGA: Teriakan Warga ke Jokowi di Pasar Godean: Terima Kasih Pak Sembakonya

Bagi-bagi Beras

Sebelumnya, terdapat momen menarik dalam kunjungan kerja (kunker) Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Penyebabnya, terdapat agenda tambahan yang dilakukan oleh orang nomor satu di Indonesia itu bersama dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X yak i menyerahkan bantuan sosial (bansos) beras di Sleman.

Kepala Negara menyerahkan bantuan cadangan pangan pemerintah kepada masyarakat penerima manfaat dalam acara yang digelar di Kantor Lurah Condongcatur, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Rabu (28/8/2024).

Dalam sambutannya, Presiden Ke-7 RI itu menegaskan bahwa bantuan beras yang disalurkan adalah beras premium dengan kualitas terbaik.

"Beras ini adalah beras premium, beras yang terbaik, yang mestinya kalau Bapak/Ibu masak, nasinya akan sangat baik, pulen," ujarnya di hadapan ratusan warga yang hadir.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan bahwa penyaluran berikutnya akan dilakukan pemerintah pada awal Oktober dan awal Desember 2024 mendatang.

Hal tersebut dilakukan pemerintah sebagai upaya untuk memastikan kebutuhan pangan warga terus terpenuhi sepanjang tahun.

"Yang paling penting sudah terima semua yang 10 kilo, nggih? Saya harapkan semuanya nanti lancar, bulan berikut, awal Oktober akan terima, kemudian awal Desember akan terima lagi," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden asal Surakarta ini juga menyempatkan diri berinteraksi dengan warga.

Jokowi ingin memastikan tidak ada keluhan mengenai kualitas beras yang telah diterima."Ada yang mengeluh berasnya hitam? Berasnya kuning?" tanyanya, yang kemudian dijawab dengan semangat oleh warga bahwa kualitas beras sangat baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tanaman Cabai di Galur Terserang Hama, Dinas Pertanian Kulonprogo Lakukan Ini

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement