Advertisement

Landasan Pacu Bandara IKN Diuji Coba Pakai Pesawat Kalibrasi

Fitri Sartina Dewi
Minggu, 25 Agustus 2024 - 20:57 WIB
Maya Herawati
Landasan Pacu Bandara IKN Diuji Coba Pakai Pesawat Kalibrasi Kawasan titik nol Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. ANTARA/Bagus Purwa - pri.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Uji coba landasan pacu (runway) Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Minggu (25/8/2024).

Uji coba lepas landas dan pendaratan yang dilakukan menggunakan pesawat kalibrasi jenis King Air tipe 200 PK CAO, berjalan mulus dan lancar.

Advertisement

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyaksikan langsung proses uji coba tersebut.

“Yang kami lakukan sekarang semacam proving flight karena yang dibuat tidak hanya runway, tetapi jalur-jalur udaranya. Semua sudah didesain supaya tidak konflik dengan bandara di Balikpapan dan Samarinda. Jadi nanti pada saat digunakan dengan frekuensi padat, di ruang udara sudah tidak terjadi konflik," kata Menhub Budi Karya dalam keterangan tertulis, Minggu (25/8/2024).

Proving flight merupakan proses uji operasional yang dilakukan untuk memastikan kesiapan terbang di rute penerbangan baru. Setelah uji coba ini, akan dilanjutkan sejumlah assessment lainnya terkait keselamatan dan keamanan penerbangan.

Adapun, Menteri Basuki mengatakan, saat ini pembangunan runway Bandara IKN telah mencapai panjang 1.025 x 30 meter.

“Hari ini walaupun dengan kondisi gerimis, kita bisa capai 1.025 meter yang targetnya nanti awal September menjadi 2.200 meter sehingga bisa didarati pesawat jet B737,” kata Menteri Basuki.

BACA JUGA: Proyek Tol Jogja-Jogja-Solo Masuk Ring Road September, Pengendara Masih Bisa Melintas

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bandara di IKN yang semula dikonsep VVIP atau hanya diperuntukkan bagi tamu penting, diubah menjadi komersial alias bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

“Siapa pun bisa turun di sana. Buat siapa pun. Awalnya, memang digunakan untuk tamu VVIP, tapi sekarang akan digunakan untuk komersial umum,” katanya saat melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) PT Intiland Development Tbk di IKN, Kaltim, Senin (12/8/2024).

Adapun, runway Bandara IKN akan memiliki panjang hingga 2.200 meter. Bandara ini awalnya ditargetkan rampung pada akhir Agustus 2024 dan dibuka untuk umum.

Menurut Presiden, dari Nusantara Airport menuju kawasan IKN hanya memakan waktu 15 menit melalui jalur darat.

"Jadi, dari airport ke sini kurang lebih hanya 15 menit kurang lebih ini juga akan selesai yang panjang runway 2.200 (meter) akan selesai akhir bulan ini airportnya dan bisa semua turun di situ siapapun," ungkap Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Memasuki Musim Kemarau, Petani Bantul Mulai Panen Jagung dan Kacang Tanah

Bantul
| Jum'at, 13 September 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement