Advertisement

Biden Tak Akan Tunduk pada Putin dan Bela Ukraina

Newswire
Jum'at, 12 Juli 2024 - 15:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Biden Tak Akan Tunduk pada Putin dan Bela Ukraina Presiden AS Joe Biden (kanan) bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat, pada 21 Desember 2022. (Xinhua - Liu Jie)\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, WASHINGTON—Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan tidak akan tunduk kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. AS tetap akan menjadi sekutu setia Ukraina dan berupaya menggalang dukungan internasional.

"Saya tidak akan meninggalkan Ukraina. Saya akan menjaga NATO tetap kuat. Itulah yang kami lakukan, dan itulah yang akan terus kami lakukan," kata dia kepada wartawan selama konferensi pers yang diawasi ketat saat KTT Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Washington, Kamis (11/7/2024).

Advertisement

Baca Juga: Joe Biden Akui Penampilannya Kurang Maksimal di Debat Perdana Pilpres AS

"Bagi mereka yang mengira era NATO telah berlalu, mereka mendapat kejutan pahit ketika Putin menginvasi Ukraina. Ketakutan tertua dan terdalam di Eropa bangkit kembali, karena sekali lagi, seorang 'pembunuh gila' sedang beraksi," ujar Biden, merujuk pada Putin.

Sebagian besar agenda KTT NATO pekan ini difokuskan pada Ukraina, guna memastikan Kiev memiliki segala yang dibutuhkan untuk mempertahankan diri dan mengusir Rusia dari wilayah yang terus diduduki--setelah dua tahun perang yang melelahkan.

Baca Juga: Amerika Janjikan Bantuan Militer Rp28,75 Triliun ke Ukraina

Puncak dari pertemuan para pemimpin NATO tersebut adalah penandatanganan Pakta Ukraina, yang merupakan janji bersama di antara 22 negara sekutu dan mitra NATO untuk memastikan Ukraina memiliki apa yang dibutuhkannya dalam jangka panjang.

Pengiriman senjata tambahan juga diumumkan, termasuk penyediaan lima sistem pertahanan udara Patriot.

Baca Juga: Biden Sebut Putin Telah Gagal di Ukraina

Selain itu, NATO mengumumkan jet tempur F-16, yang telah lama dinantikan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, sedang dalam perjalanan menuju Ukraina dan akan terbang di atas langit negara yang dilanda perang itu pada musim panas ini.

Presiden AS Joe Biden (kanan) bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat, pada 21 Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tanaman Cabai di Galur Terserang Hama, Dinas Pertanian Kulonprogo Lakukan Ini

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement