Advertisement

Amerika Janjikan Bantuan Militer Rp28,75 Triliun ke Ukraina

Aprianto Cahyo Nugroho
Kamis, 22 Desember 2022 - 08:37 WIB
Bhekti Suryani
Amerika Janjikan Bantuan Militer Rp28,75 Triliun ke Ukraina Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara dalam konferensi pers dengan Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih, Washington, DC, AS, Rabu (21/12/2022) - Bloomberg.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Presiden Amerika Serikat Joe Biden berjanji akan memberikan lebih banyak bantuan kepada Ukraina untuk mengalahkan invasi Rusia, termasuk bantuan militer senilai US$1,85 miliar atau Rp28,75 triliun.

"Rakyat Amerika bersama Anda di setiap langkah, dan kami akan tetap bersama Anda. Kami akan tetap bersama Anda selama yang diperlukan," kata Biden di Gedung Putih dalam konferensi pers bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dikutip Bloomberg Kamis (22/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Biden dan ibu negara Jill Biden menyambut Zelensky di South Lawn Gedung Putih pada pukul 14.00 waktu Washington. Kunjungan Zelensky ke AS ini juga merupakan perjalanan luar negeri pertamanya sejak invasi Rusia.

Biden dan Zelensky bertemu selama lebih dari dua jam di Oval Office pada Rabu (21/12). Setelah pertemuan, Biden mengatakan bahwa dialog mereka sangat penting dan berarti.

BACA JUGA: Ini Solusi REI Atasi Kebutuhan Rumah Bagi Warga DIY Berpenghasilan Rendah

Dalam pertemuan itu, Biden mengumumkan paket bantuan militer tambahan senilai US$1,85 miliar kepada Ukraina. Bantuan tersebut termasuk satu baterai rudal Patriot dan bom berpemandu guna memperkuat pertahanan Ukraina pada musim dingin ini.

Namun, paket bantuan tersebut tidak termasuk persenjataan lain seperti tank atau jet tempur yang menurut Zelensky dan warga Ukraina lainnya mereka butuhkan untuk mendorong mundur pasukan Rusia.

Biden dan Zelensky menunjukkan hubungan yang kuat, dengan kedua pria itu saling bertukar hadiah, basa-basi, dan lelucon. Tetapi ada juga ketegangan saat Zelensky menjelaskan bahwa dia akan menekan AS untuk mendapatkan dukungan tambahan, termasuk persenjataan canggih.

Biden memperingatkan bahwa permintaan tersebut dapat membahayakan aliansi AS seperti NATO.

"Gagasan bahwa kami akan memberikan Ukraina materi yang secara fundamental berbeda dari yang sudah ada di sana akan memiliki prospek memecah NATO dan memecah Uni Eropa, dan seluruh dunia," kata Biden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Kamis 2 Februari 2023

Jogja
| Kamis, 02 Februari 2023, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement