Advertisement

Bandara VVIP IKN Beroperasi 1 Agustus 2024, Bernama Nusantara Airpor

Newswire
Selasa, 02 Juli 2024 - 12:37 WIB
Sunartono
Bandara VVIP IKN Beroperasi 1 Agustus 2024, Bernama Nusantara Airpor Kawasan titik nol Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. ANTARA/Bagus Purwa - pri.

Advertisement

Harianjogja.com JAKARTA—Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkap rencana nama yang akan digunakan Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Sekretaris Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Capt Sigit Hani Hadiyanto menuturkan, bandara di IKN tersebut rencananya akan dinamakan Nusantara Airport. Hal tersebut sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo yang disampaikan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Advertisement

BACA JUGA : Menteri PUPR Bahas Pembangunan Rusun ASN IKN Skema KPBU dengan Menkeu

"Untuk namanya [Bandara VVIP IKN] sudah ada arahan, yaitu Nusantara Airport," kata Sigit di Jakarta pada Selasa (2/7/2024).

Sigit menargetkan Bandara VVIP sudah dapat beroperasi pada 1 Agustus 2024 mendatang. Dia menuturkan, pengerjaan Bandara VVIP hingga saat ini masih terus digarap bersama Kemenhub dan juga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Kemenhub mengerjakan Bandara IKN pada sisi darat (land side), sementara itu Kementerian PUPR bertanggungjawab untuk pengerjaan di sisi udara (air side) bandara, salah satunya adalah pembangunan landasan pacu atau runway.  Dia menuturkan, saat ini progres pembangunan Bandara VVIP IKN sudah mencapai sekitar 40% hingga 50%.

Ia menargetkan bandara tersebut sudah dapat beroperasi sebelum upacara perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024.

BACA JUGA : Proses Pemindahan ASN ke IKN Dimulai 1 September Mendatang, Begini Progresnya

"Kami upayakan sudah beroperasi fungsional pada 1 Agustus 2024 mendatang. Pengerjaannya terus kita pantau, bahkan Pak Menhub dalam setiap kesempatan selalu mengecek progresnya ke sana," ujar Sigit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Generasi Muda Digandeng Semarakkan Peringatan Hari Koperasi di Jogja

Jogja
| Kamis, 04 Juli 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement