Advertisement

UNESCO-BNP Paribas AM Angkat Ekonomi Masyarakat Berkelanjutan lewat Pelestarian Warisan Budaya

Galih Eko Kurniawan
Selasa, 02 Juli 2024 - 13:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
UNESCO-BNP Paribas AM Angkat Ekonomi Masyarakat Berkelanjutan lewat Pelestarian Warisan Budaya Direktur PT BNP Paribas Asset Management Djumala Sutedja (kanan) melihat-lihat karya perajin batik di sela-sela peluncuran program Pelestarian Warisan Budaya untuk Menunjang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berkelanjutan di Balkondes Wanurejo, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (2/6/2024). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—UNESCO Jakarta bersama BNP Paribas Asset Management meluncurkan program Pelestarian Warisan Budaya untuk Menunjang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berkelanjutan di Balkondes Wanurejo, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (2/6/2024).

Direktur PT BNP Paribas Asset Management Djumala Sutedja mengapresiasi perusahaannya bisa bermitra dengan UNESCO melalui inisiatif berdampak yang mempromosikan kesetaraan dan memberdayakan masyarakat lokal.

Advertisement

“Dengan dukungan dari para investor dan mitra distribusi kami [BNP Paribas AM], kami berharap inisiatif ini dapat terus berlanjut dan manfaat positif terus menyebar lebih luas,” ungkapnya di sela-sela acara, Selasa.

Program ini didanai oleh Reksadana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi (BNP Paribas IDX30 Filantropi), sebagai bagian dari komitmen filantropis memberikan konstribusi kembali kepada masyarakat.

Program akan memberikan manfaat langsung kepada 300 penerima manfaat di empat provinsi di Indonesia, yakni DIY, Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat melalui dukungan sejumlah pelatihan dan pendampingan berbagai topik.

Sebut saja perencanaan bisnis, literasi keuangan, tutur cerita, pemasaran digital dan pelestarian warisan budaya. Selain itu, program ini juga akan memfasilitasi sanggar-sanggar komunitas untuk mengikuti berbagai acara pemasaran serta pengembangan kapasitas.

BNP Paribas IDX30 Filantropi mengalokasikan persentase tertentu dari total asetnya setiap tahun untuk tujuan filantropi. Pada 2023, BNP Paribas IDX30 Filantropi menyalurkan total Rp2,1 miliar kepada lima organisasi nirlaba terpilih, termasuk UNESCO untuk mendanai
inisiatif ini.

BNP Paribas IDX30 Filantropi diluncurkan pada 2019 dan pada awalnya didistribusikan oleh Citi Indonesia. Usai akuisisi bisnis consumer banking Citi ke UOB pada November 2023, reksa dana ini didistribusikan secara eksklusif oleh UOB Indonesia.

BNP Paribas IDX30 FIlantropi merupakan reksa dana indeks yang dikelola oleh PT BNP Paribas AM Indonesia dengan Bank Kustodian Citi Indonesia sebagai Bank Kustodian Reksa Dana.

Direktur Kantor Regional UNESCO di Jakarta, Maki Katsuno-Hayashikawa, mengatakan sebagai satu-satunya badan PBB yang memiliki mandat di bidang budaya, UNESCO percaya kekuatan budaya bisa mendorong berbagai dimensi pembangunan berkelanjutan, termasuk penciptaan mata pencaharian, pendidikan yang berkualitas dan inklusi sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Didekor bak Masjid Nabawi, Masjid Suciati Jadi Tempat Nikah Bareng 10 Pasangan

Sleman
| Kamis, 04 Juli 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement