Advertisement

Server PDN Dibobol, Pemicunya Ternyata Karena Penggunaan Kata Sandi Sembarangan

Anshary Madya Sukma
Selasa, 02 Juli 2024 - 12:47 WIB
Sunartono
Server PDN Dibobol, Pemicunya Ternyata Karena Penggunaan Kata Sandi Sembarangan Ilustrasi peretasan - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto mengungkapkan penggunaan password secara sembarangan menjadi pemicu infeksi ransomware di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2.

Pemicu itu terungkap berdasarkan hasil uji forensik dari pihaknya saat mencari tahu penyebab penyerangan server PDN oleh Ransomware. "Dari hasil forensik pun kami sudah bisa mengetahui bahwa siapa user yang selalu menggunakan password-nya dan akhirnya terjadi permasalahan yang sangat serius ini," kata Hadi kepada wartawan, dikutip Selasa (2/7/2024).

Advertisement

Hadi mengimbau kepada seluruh user PDN untuk menggunakan password atau kata sandi dengan hati-hati. Nantinya, apabila ditemukan pelanggaran, user bakal dikenakan penindakan oleh aparat penegak hukum. "Oleh sebab itu penegakan hukum oleh BSSN nantinya oleh aparat itu bisa dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya.

Di sisi lain, saat ini pemerintah tengah melakukan upaya pencegahan agar peretasan PDNS tidak kembali berulang. Salah satu upaya tersebut melalui peningkatan hotsite atau data cadangan lokasi fisik alternatif.

Hadi juga menyampaikan pemerintah bakal melakukan back up melalui sistem cloud yang dipantau oleh BSSN. Alhasil, penyimpanan cloud tersebut bisa jadi alternatif penyimpanan data. “Setiap pemilik data centre juga memiliki backup sehingga paling tidak ada tiga lapis sampai empat lapis backup tersebut, kemudian juga akan kita backup dengan cloud cadangan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Generasi Muda Digandeng Semarakkan Peringatan Hari Koperasi di Jogja

Jogja
| Kamis, 04 Juli 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement