Advertisement

Elektabilitas Kaesang di Jawa Tengah Tinggi, PDP Pertimbangkan untuk Mengusungnya di Pilkada 2024

Surya Dua Artha Simanjuntak
Selasa, 02 Juli 2024 - 16:17 WIB
Ujang Hasanudin
Elektabilitas Kaesang di Jawa Tengah Tinggi, PDP Pertimbangkan untuk Mengusungnya di Pilkada 2024 Ketua PSI Kaesang Pangarep / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mempertimbangkan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, untuk diusung dalam Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Puan mengakui survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan Kaesang menjadi kandidat gubernur favorit warga Jateng. Dia merasa Kaesang sosok yang patut dipertimbangkan.

Advertisement

"Iya dong, [Kaesang] jadi salah satu pertimbangan juga," ujar Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2024).

Bahkan, mantan Menko PMK ini juga mengaku tidak masalah elektabilitas Kaesang lebih tinggi daripada elektabilitas koleganya Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul versi survei LSI.

"Enggak apa-apa, bagus Kaesang," katanya.

BACA JUGA: Kaesang Disurvei Paling Populer, PKB Tak Tertarik

Sebagai informasi, survei LSI, yang diadakan pada 21 – 26 Juni 2024 menanyakan kepada responden siapa tokoh yang akan dipilih untuk menjadi gubernur Jateng. Hasilnya, dalam simulasi semi terbuka 21 nama kandidat, Kaesang menjadi pilihan utama dengan meraih dukungan dari 15,9% responden.

Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi mengikuti di peringkat kedua dengan elektabilitas sebesar 12,9%. Lalu kader Gerindra Abdul Wachid ada di peringkat ketiga (7,8%).

Setelahnya mengikuti masing-masing pesohor Raffi Ahmad (6,8%), politisi PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (5,8%), mantan asisten Prabowo Sudaryono (4,7%), hingga politisi PDIP Hendrar Prihadi (4,7%). Sementara nama lainnya hanya memperoleh 4% ke bawah.

Sementara itu, dalam simulasi enam hingga dua nama, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengungkapkan ada empat kandidat yang selalu menunjukkan elektabilitas yang tinggi.

"Empat nama yang bisa bertarung paling kuat yaitu Ahmad Luthfi, Bambang Wuryanto, Taj Yasin Maimoen, dan Kaesang Pangarep," ungkap Djayadi ketika memaparkan hasil survei secara daring, Minggu (30/6/2024).

Survei LSI tersebut juga memilah pilihan kandidat gubernur warga Jateng berdasarkan pilihan partai politik mereka. Hasilnya, dalam simulasi enam nama, pemilih PDIP paling banyak memilih Kaesang (23,3%) untuk menjadi cagub Jateng 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Didekor bak Masjid Nabawi, Masjid Suciati Jadi Tempat Nikah Bareng 10 Pasangan

Sleman
| Kamis, 04 Juli 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement