Advertisement

Amerika Serikat Bungkam Soal Rencana Balasan Israel ke Iran

Erta Darwati
Selasa, 16 April 2024 - 10:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Amerika Serikat Bungkam Soal Rencana Balasan Israel ke Iran Ilustrasi / Pentagon atau Gedung Kementerian Pertahanan AS. (Xinhua)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Amerika Serikat (AS) mengaku tidak mengetahui soal rencana Israel yang memutuskan untuk menanggapi serangan Iran.

“Saat ini kami tidak mempunyai indikasi apapun bahwa mereka telah mengambil keputusan dan apa yang mungkin mereka lakukan,” kata Penasihat Komunikasi Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby dalam pernyataan resmi, Selasa (16/4/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Sistem One Way Arus Balik Lebaran di Tol Cipali Dihentikan, Contra Flow Masih Berlaku di Tol Cikampek

Menurut Kirby, AS telah menyerahkan sepenuhnya kepada Israel untuk memutuskan perkara serangan Iran. Pejabat itu juga berpendapat bahwa Israel sedang menunjukkan kekuatan militernya yang jauh lebih unggul atas Iran selama operasi 13 April 2024. “Iran bukanlah kekuatan seperti yang diharapkan,” kata Kirby dengan yakin dilansir TASS, Selasa (16/4/2024).

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa AS tidak menginginkan konflik yang lebih luas di Timur Tengah dan tidak mau memiliki konflik dengan Iran. “Kami tidak menginginkan perang yang lebih luas di kawasan ini dan kami tidak menginginkan konflik dengan Iran,” ujarnya.

Namun, Kirby menegaskan bahwa AS akan terus memberikan bantuan kepada Israel dan segala sesuatu yang diperlukan untuk mempertahankan diri dari serangan Hamas dan Iran. “Kami akan terus memastikan bahwa Israel memiliki apa yang dibutuhkan untuk mempertahankan diri,” ucapnya.

BACA JUGA: Hari Ini, KPU Serahkan Tambahan Alat Bukti Sidang Sengketa Pilpres ke MK

Seperti diketahui, Iran meluncurkan drone dan rudal ke arah Israel, menyebutnya sebagai respons terhadap banyak kejahatan, termasuk serangan terhadap Konsulat Iran di Damaskus, yang dikaitkan dengan Israel.

Media pemerintah Iran mengatakan bahwa serangan balasan tersebut telah menargetkan fasilitas militer Israel. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim bahwa mereka berhasil mencegat 99% dari sekitar 350 rudal yang bergerak menuju Israel, dan menambahkan bahwa kerusakan kecil terjadi di pangkalan udara Nevatim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BMKG Prediksi Cuaca Jogja Hari Ini Cerah dengan Suhu Mencapai 33 Derajat Celcius

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement