Advertisement

Jusuf Kalla Beri Pesan Ini untuk Umat Muslim

Newswire
Rabu, 10 April 2024 - 09:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Jusuf Kalla Beri Pesan Ini untuk Umat Muslim Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla saat ditemui wartawan seusai melaksanakan salat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Rabu (10/4/2024). ANTARA - Tri Meilani Ameliya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla mengajak umat Muslim tetap melanjutkan ibadah dengan baik seusai Ramadan 1445 Hijriah.

"Selama Ramadan, kita menyucikan diri sampai melaksanakan ibadah yang baik. Itu kan berarti kita harus melanjutkan upaya itu, bukan hanya dalam bulan Ramadan," kata JK, sapaan akrab Jusuf Kalla kepada wartawan usai melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Rabu (10/4/2024) pagi.

Advertisement

Ia pun mengajak umat Islam untuk memaknai Hari Raya Idulfitri sebagai hari kemenangan.

"Marilah kita memaknai (Hari Raya Idulfitri) sebagai hari kemenangan. Kita bersyukur dapat melampaui, dapat mendapat banyak siraman rohani, banyak ilmu, banyak fatwa selama Ramadan ini," ujar dia.

Baca Juga

Jusuf Kalla Bakal Temui Megawati sebagai Negarawan

Jusuf Kalla Sebut Hak Angket untuk Menghilangkan Kecurigaan Pelaksanaan Pemilu

Cek Fakta, Beredar Video Jusuf Kalla Ingatkan Anies untuk Bayar Utang pada PKS

Sebelumnya, Jusuf Kalla melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Agung Al-Azhar. Selain JK, tampak pula hadir Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) periode 2004–2009 Adhyaksa Dault dan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie.

Kementerian Agama telah menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idulfitri 2024 Masehi jatuh pada Rabu setelah diputuskan melalui sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (9/4/2024) malam.

 "Berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria MABIMS, serta adanya laporan hilal yang terlihat, disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada Hari Rabu, 10 April 2024 Masehi," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers penetapan sidang Isbat.

Dengan penetapan ini maka dipastikan 1 Syawal 1445 Hijriah antara keputusan pemerintah, termasuk Nahdlatul Ulama, dengan Muhammadiyah jatuh pada hari yang sama.

Sidang isbat tersebut diikuti sejumlah perwakilan organisasi keagamaan, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), ahli astronomi, perwakilan negara sahabat, dan tamu undangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kunjungan Wisata di Sleman Nyaris 2 Juta Orang hingga April 2024

Sleman
| Minggu, 05 Mei 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement