Advertisement

AS Selidiki Kemungkinan Israel Menggunakan Fosfor Putih sebagai Senjata di Gaza

Newswire
Kamis, 15 Februari 2024 - 21:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
AS Selidiki Kemungkinan Israel Menggunakan Fosfor Putih sebagai Senjata di Gaza Bendera Amerika Serikat. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, RAMALLAH—Surat Kabar Wall Street Journal (WSJ) melaporkan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) tengah menyelidiki kebenaran penggunaan fosfor putih oleh pasukan Israel saat menyerang di Jalur Gaza dan Lebanon, Kamis (15/2/2024).

WSJ menjelaskan penyelidikan itu bertujuan memastikan apakah senjata yang dipasok AS ke Israel digunakan secara tidak tepat untuk membunuh warga sipil. Tak hanya itu, toritas AS sedang menyelidiki serangan udara di kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza utara pada 31 Oktober yang menewaskan lebih dari 125 warga Palestina.

Advertisement

Menurut WSJ, para penyelidik menduga Israel telah menggunakan bom seberat sekitar 907 kilogram saat melakukan serangan. Amnesty International mengatakan Crisis Evidence Laboratory telah memverifikasi bahwa unit militer Israel yang menyerang Gaza dilengkapi peluru artileri fosfor putih.

Baca Juga

Israel Terbukti Gunakan Fosfor Putih untuk Serang Gaza Palestina

Masih Jadi Polemik, Ini Dampak Penggunaan Bom Fosfor Putih

Sebagian Besar WNI di Palestina dan Israel Menolak Dievakuasi karena Merasa Aman

Fosfor putih adalah zat yang terbakar pada suhu yang sangat tinggi apabila terkena udara dan dapat membakar daging, menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan luka serius serta tidak dapat dipadamkan dengan air.

Bom fosfor adalah senjata yang dilarang secara internasional berdasarkan Konvensi Jenewa 1980, yang melarang penggunaan fosfor putih sebagai senjata pembakar manusia dan lingkungan. Pasukan pendudukan Israel menggempur Jalur Gaza sejak 7 Oktober dan menewaskan 28.576 warga Palestina serta melukai lebih dari 68.291 orang lainnya. Sementara itu, ribuan orang hilang masih berada di bawah reruntuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PDIP Kembali Dapat Jatah Kursi Ketua DPRD Gunungkidul

Gunungkidul
| Sabtu, 04 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement