Advertisement

Boyong UMKM Solo ke Prancis, Spirit Gibran Menyebar hingga ke Tegal

Media Digital
Selasa, 05 Desember 2023 - 14:37 WIB
Maya Herawati
Boyong UMKM Solo ke Prancis, Spirit Gibran Menyebar hingga ke Tegal Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyalami peserta Jalan Sehat Satu Putaran di Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/11/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh simpatisan dan kader partai dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai bentuk dukungan terhadap pasangan calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Antara - Hasrul Said

Advertisement

SOLO—Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka, selama ini dikenal aktif memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Surakarta, Jawa Tengah.

Bahkan, pasangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto ini mampu memboyong UMKM Kota Bengawan hingga pameran ke Paris, Prancis, beberapa waktu lalu. Pameran bertajuk Java in Paris itu digelar pada 8 Juni-15 Juli 2022, di Le BHV Marais, Paris.  Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat itu membawa sekitar 1.200 item produk asli Solo untuk dipamerkan.

Advertisement

Upaya Gibran ini mendapat pujian dari Duta Besar RI untuk Prancis, Mohamad Oemar.

Menurut Oemar, tidak gampang untuk bisa tampil dan menggelar pameran produk UMKM di Paris karena memang standarnya tinggi. Dalam sejarahnya, pameran produk fashion di Paris dilakukan para kreator atau penjahit yang hanya disiapkan untuk karya fashion para aristokrat atau keluarga raja.

"Kalau bisa masuk sini tentu bukan semata masalah gengsi yang naik, bisa tembus pasar. Tapi juga mengangkat level dari karya anak bangsa,” katanya.

Semangat Gibran membawa UMKM agar naik kelas ini menginspirasi Relawan Bolone Mase. Mereka menggelar pelatihan kepada para pelaku UMKM di Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (7/10/2023). Acara itu merupakan kegiatan pengabdian masyarakat Bolone Mase yang terinspirasi dari cara Gibran mengembangkan dan memajukan UMKM.

Koordinator Nasional Relawan Bolone Mase, Kuat Hermawan Santoso, mengatakan pelatihan UMKM berkelanjutan menggandeng sejumlah pihak, termasuk swasta. Pelatihan dilakukan agar terjadi lompatan kemajuan UMKM yang berdaya saing di era digital. “Agar UMKM berkembang dan berdaya dalam persaingan pasar. Semangatnya bagaimana seperti mas Gibran mengangkat derajat UMKM di Solo agar lebih baik secara apapun, khususnya daya saing,” terang dia, Minggu (8/10/2023).

BACA JUGA: Soal Video Ade Armando Senggol Keistimewaan DIY, GKR Hemas: Pasti Itu Pesanan, Tapi Yo Gak Popo

Menurut Kuat, pelaku UMKM harus memiliki bekal wawasan, sehingga mampu menjadi roda penggerak perekonomian bangsa. “Salah satu hal paling penting adalah kolaborasi dengan berbagai pihak agar bisa maju, baik secara kualitas maupun kuantitas. Harapannya pelatihan ini bisa menambah wawasan juga keahlian maupun jaringan,” urai dia.

Kuat menerangkan total ada 60 pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan yang berfokus di bidang digitalisasi itu. Materi yang diberikan seputar optimasi media sosial untuk memaksimalkan penjualan online produk UMKM. Kota Tegal menjadi sasaran pertama roadshow pelatihan UMKM.

Koordinator Relawan Bolone Mase Tegal Raya, Dewi Ulfiyah, mengungkapkan kesuksesan Gibran  menginisiasi misi kreatif UMKM Solo ke Paris dan menjadikan Kota Solo sebagai cretive hub yang diakui dunia, telah menginspirasi pelaku usaha di daerah lain. “Spirit yang dibawa Mas Gibran bisa menyebar ke seluruh negeri,” kata Dewi. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ribuan Pelari dari 22 Negara Meriahkan Coast to Coast Ultra 2024 di Pantai Selatan Bantul

Bantul
| Minggu, 25 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement