Advertisement

Paus Fransiskus sempat Berbicara dengan Presiden Israel, Ini Bocoran Pembicaraannya

Newswire
Jum'at, 01 Desember 2023 - 16:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Paus Fransiskus sempat Berbicara dengan Presiden Israel, Ini Bocoran Pembicaraannya Paus Fransiskus / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, WASHINGTON—Paus Fransiskus sempat berbicara dengan Presiden Israel Isaac Herzog melalui sambungan telepon pada akhir Oktober 2023. Imam Yesuit pertama dan orang Amerika Latin keturunan Italia pertama yang terpilih sebagai Paus ini menggunakan kata "terorisme" untuk menggambarkan serangan Israel di Jalur Gaza.

“Dilarang menanggapi teror dengan teror,” kata Paus Fransiskus kepada Herzog, seorang pejabat senior Israel yang dikutip dalam pemberitaan The Washington Post.

Advertisement

Selama panggilan telepon itu, Herzog mengatakan pemerintahnya melakukan apa yang diperlukan di Gaza untuk membela rakyat Israel.

Baca Juga:

Paus Fransiskus Dijadwalkan Bertemu Keluarga Sandera Israel dan Kelompok Warga Palestina

Paus Fransiskus Dilarikan ke Rumah Sakit karena Infeksi Pernapasan

Paus Pransiskus Serukan Setop Perang Israel-Hamas Palestina

Paus merespons dengan mengatakan,“Mereka yang bertanggung jawab memang harus dimintai pertanggungjawaban, tetapi bukan warga sipil."

Orang nomor satu di Vatikan itu sempat menyebut operasi militer Israel di Gaza sebagai "tindakan terorisme". Israel pun memutuskan untuk tidak mempublikasikan pembicaraan ini. Vatikan menolak untuk mengklarifikasi apakah Paus Fransiskus secara terbuka atau pribadi menggambarkan tindakan Israel di Gaza sebagai “terorisme,” tetapi dalam sebuah pernyataan kepada The Washington Post, mereka mengakui adanya pembicaraan telepon antara Fransiskus dan Herzog.

“Panggilan telepon tersebut, sama seperti panggilan telepon lainnya, dilakukan dalam konteks upaya Bapa Suci yang bertujuan membendung kegawatdaruratan dan meluasnya situasi konflik di Tanah Suci," kata Vatikan.

Seorang juru bicara di Kantor Kepresidenan Israel menolak mengomentari laporan tersebut dengan mengatakan mereka tidak bisa mempublikasikan percakapan pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Perundungan Siswa SMP di Gunungkidul hingga Jarinya Putus

Gunungkidul
| Jum'at, 23 Februari 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Rayakan Imlek, Solo Safari Sambut Pengunjung dengan Beragam Acara Seru

Wisata
| Senin, 12 Februari 2024, 17:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement