Advertisement

Santri Diminta Jadi Agen Perbaikan, Wapres Maruf: Bukan Kekuasaan

Newswire
Selasa, 24 Oktober 2023 - 15:17 WIB
Maya Herawati
Santri Diminta Jadi Agen Perbaikan, Wapres Maruf: Bukan Kekuasaan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) VII Kontak Santri Agribisnis Indonesia (Konsain) di Pondok Pesantren Syaichona Cholil, Sepinggan, Balikpapan, Kalimatan Timur, Selasa (24/10/2023). Antara - HO/BPMI Setwapres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Santri diminta dapat menjadi agen perbaikan di segala bidang dengan niat serta komitmen yang teguh.

Hal itu menjadi salah satu pesan yang disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta para santri untuk saat menghadiri acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) VII Kontak Santri Agribisnis Indonesia (Konsain) di Pondok Pesantren Syaichona Cholil, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (24/10/2023).

Advertisement

"Itu yang penting buat para santri, yaitu melakukan perbaikan," kata Wapres dalam keterangan tertulis.  

Wapres menyampaikan, perbaikan tersebut harus dilakukan dalam semua sektor, di antaranya kemasyarakatan, pendidikan, ekonomi, dan sosial. Dengan demikian, santri diminta untuk selalu menjaga niatnya dalam melakukan perbaikan, dan tidak tergoda pada godaan yang mungkin timbul dalam perjalanannya.

BACA JUGA: Anies Baswedan Dikabarkan Tidak Lolos Tes Kesehatan Kemarin, Cek Faktanya

"Kalau santri tidak boleh bergeser nawaitu [niat]-nya, adalah perbaikan, bukan kekuasaan," jelasnya.

Wapres juga mengingatkan agar santri tidak hanya berperan untuk menjaga diri sendiri maupun lingkungan sekitar saja, namun juga harus menjadi penjaga Tanah Air.

Terakhir, Wapres juga menegaskan bahwa santri wajib menjadi pemakmur Bumi. Menurutnya, dengan berlimpah-nya sumber daya yang dimiliki Indonesia, maka peran memakmurkan bumi menjadi penting agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia secara berkelanjutan.

Ketua Umum DPP Konsain M Ali Cholil menyampaikan bahwa Silatnas Konsain setiap tahunnya diadakan pada bulan Oktober dengan membawa semangat dua peringatan besar di bulan ini, yaitu semangat Hari Santri Nasional dan semangat Sumpah Pemuda.

Melalui semangat ini, ia berharap agar Silatnas Konsain dapat semakin mempererat silaturahmi antaranggota-nya dan selalu dapat menghasilkan pemikiran membangun untuk kesejahteraan masyarakat. "Diharapkan jadi momentum bagi Konsain dalam membangkitkan perekonomian dan meningkatkan persaudaraan," ucap Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

TPA Piyungan Segera Ditutup, Ini yang Dilakukan DLH Sleman untuk Amankan Sampah

Sleman
| Senin, 29 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement