Advertisement

Targetkan 1.000 UMKM Tembus Pasar Internasional, PP DIY Gandeng Perusahaan Big Data Singapura

Sunartono
Kamis, 05 Oktober 2023 - 23:07 WIB
Sunartono
Targetkan 1.000 UMKM Tembus Pasar Internasional, PP DIY Gandeng Perusahaan Big Data Singapura Kader PP DIY berfoto bersama dengan CEO Start Up big data asal Singapura, Michael Lee. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) DIY memiliki komitmen untuk membantu pelaku UMKM lokal DIY dan Jawa Tengah untuk menembus pasar internasional. Organisasi ini menggandeng sebuah perusahaan yang bergerak di bidang big data IT asal Singapura,  SCash untuk membantu pengembangan pemasaran UMKM lokal.

Selain  SCash, start up asal Indonesia yaitu Bumi Digital Teknologi juga turut dilibatkan dalam kerja sama tersebut. Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY Faried Jayen Soepardjan menjelaskan mitra kerja sama yang digandeng ini merupakan perusahaan yang memiliki rekam jejak mentereng dalam menjual produk digital. Selain profesional, mereka memiliki pengalaman yang kompeten dan punya komitmen untuk memajukan potensi UMKM di Indonesia khususnya di DIY.

Advertisement

BACA JUGA : Telkom-Singtel Jalin Kerja Sama Regional Data Center 

"Jadi keduanya yang kami ajak kerja sama ini memiliki kompetensi bidang IT yang tidak ecek-ecek," urai Faried Jayen, Kamis (5/10/2023).

Komitmen itu telah dilakukan penandatanganan MoU antara PP DIY dengan SCash dan Bumi Digital Teknologi pada Kamis 5 Oktober 2023 dengan dihadiri langsung oleh CEO SCash Michael Lee.

Kerja sama itu sebagai komitmen membantu mensejahterakan masyarakat, khususnya UMKM DIY. Ide besar ini coba diwujudkan dengan melakukan kerjasama dengan harapan bisa menjadi langkah awal memajukan UMKM.

"Target awal kami, 1.000 UMKM akan kami dampingi dan maksimalkan potensinya dalam penjualan produk digital. Dari target 1.000 UMKM ini kami fokuskan di DIY," ujarnya.

Guna meningkatkan penjualan digital produk UMKM ini, ia akan menggunakan aplikasi bernama Blanjaa. Aplikasi ini didesain untuk meningkatkan penjualan digital dan nantinya bisa menembus pasar global.

“Kami akan lakukan trial and error dulu sambil melihat perkembangannya dengan terus dipantau, tetapi terus digenjot agar UMKM penjualan digitalnya bisa mengalami peningkatan," katanya.

BACA JUGA : Ingin Tahu Gaji Karyawan Startup di Indonesia, Singapura

Pengembangan aplikasi akan terus dilakukan agar dapat diakses oleh UMKM dan pembeli. Ke depan tidak menutup kemungkinan ada pengadaan gadget khusus untuk memaksimalkannya.

"Kami menunjuk Yuni Astuti sebagai penanggungjawab utama program ini, yang kebetulan sebagai Komandan Koti Mahatidana, dia pernah menjabat sebagai Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila . Jadi sudah memiliki pengalaman untuk pengembangan UMKM,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement