Advertisement

KTT ASEAN: Jokowi Upayakan Penyelesaian Konflik Myanmar Dilanjutkan

Akbar Evandio
Kamis, 07 September 2023 - 21:47 WIB
Sunartono
KTT ASEAN: Jokowi Upayakan Penyelesaian Konflik Myanmar Dilanjutkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Asean di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (7/9 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Asean akan terus melanjutkan upaya nyata dalam menyelesaikan problematika atau konflik politik di Myanmar.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan keterangan pers mengenai hasil Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Ke-43 ASEAN di Ruang Cendrawasih, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Advertisement

Kepala Negara menyebut bahwa dalam Keketuaan Indonesia telah melakukan 145 engagement dengan 70 stakeholder, sehingga pemerintah melihat sudah mulai muncul kepercayaan di antara para pemangku kepentingan untuk terus menyuarakan isu tersebut. 

BACA JUGA : KTT ke-43 ASEAN, Presiden Jokowi Dijadwalkan Memimpin 4 Konferensi

“Memang untuk menciptakan perdamaian selalu butuh waktu yang panjang. Namun tidak apa kita harus terus melakukan, kita harus terus berjuang. Asean tidak akan tersandera oleh isu Myanmar, kapal ASEAN harus terus melaju untuk terus mewujdukan perdamaian, mewujudkan stabilitas, mewujudkan kemakmuran,” kata Jokowi, Kamis (7/9/2023).

Menurutnya, Asean memiliki potensi besar untuk membantu menyelesaikan konflik yang terjadi di Myanmar, mengingat banyak keunggulan baik dari segi ekonomi, kuantitas penduduk, dan lainnya sehingga dinilainya sudah sepantasnya Negara di kawasan Asia Tenggara itu terus berjalan bersama.

BACA JUGA : Pengamanan KTT ASEAN ke-43 Juga Dilakukan lewat Udara

“Di tengah rivalitas dan ketegangan geopolitik dunia butuh poros agar tetap berputar pada jalurnya. Asean punya potensi untuk itu, karena pertumbuhan [ekonomi] di Asean di atas rata-rata dunia. Bonus demografi juga ada, stabilitas politik juga terjaga, dan saya melihat jadi tugas Indonesia bersama negara Asean memastikan bahwa kapal Asean harus terus berlayar,” ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Arema FC vs PSS Sleman: Skor 2-1, Diwarnai 12 Kartu Kuning

Sleman
| Sabtu, 30 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Unik, Taman Sains Ini Punya Gedung Seperti Pesawat Ruang Angkasa

Wisata
| Sabtu, 30 September 2023, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement