Advertisement

KBRI Seoul Sebut Peringatan Darurat Soal Peluncuran Rudal Sudah Dicabut

Newswire
Rabu, 31 Mei 2023 - 12:17 WIB
Jumali
KBRI Seoul Sebut Peringatan Darurat Soal Peluncuran Rudal Sudah Dicabut Pengunjung memasuki area Istana Gyeongbok di Seoul, Korea Selatan. - Harian Jogja/Mediani Dyah Natalia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul, Korea Selatan, mengatakan peringatan darurat yang dikeluarkan pemerintah kota setempat akibat peluncuran rudal di Korea Utara sudah dicabut.

BACA JUGA: Korsel Keluarkan Peringatan Serangan Udara

Sekitar pukul 06.32 waktu setempat, warga dan wisatawan yang menggunakan nomor ponsel Korea Selatan mendapat peringatan darurat untuk segera evakuasi.

Advertisement

Beberapa menit kemudian, Kementerian Administrasi Publik dan Keamanan Korea Selatan menyatakan bahwa peringatan sebelumnya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Seoul adalah pengumuman yang salah.

Pada pukul 07.25 waktu setempat, KBRI Seoul mendapat informasi bahwa peringatan darurat yang dikeluarkan Pemerintah Kota Seoul disebabkan peluncuran rudal oleh Korea Utara.

"Informasi tersebut sekaligus menyatakan bahwa 'Wartime Alert' untuk seluruh wilayah di kota Seoul telah diangkat dan para penduduk kota Seoul diharapkan dapat menjalankan aktivitas seperti biasa," kata Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto melalui pesan instan kepada wartawan, yang dipantau dari Seoul, Rabu (31/5/2023).

Aktivitas warga di Seoul sejak peringatan darurat tersebut berjalan seperti biasa.

Otoritas di perbatasan Korea Selatan dengan Korea Utara mendeteksi peluncuran rudal di Dongchang-ri, pantai barat Korea Utara pukul 06.29 waktu setempat. Proyektil melintas di atas perairan jauh di sebelah barat perbatasan Pulau Baengyeong milik Korea Selatan.

Peluncuran rudal tersebut tidak berdampak terhadap wilayah Korea Selatan.

"Pemerintah Korsel saat ini hanya memberikan peringatan, namun belum memasukkan pada kategori luar biasa. Beberapa pesan peringatan yang muncul telah direvisi oleh otoritas terkait," kata Gandi.

Gandi juga mengatakan KBRI Seoul sudah memiliki standar operasional prosedur (SOP) keadaan darurat, termasuk evakuasi warga apabila dalam keadaan darurat.

"KBRI akan terus memantau perkembangan ini dan melaporkan pada kesempatan pertama," kata Gandi.

Selain peluncuran rudal, kemungkinan lain aktivitas yang memicu peringatan bencana adalah peluncuran satelit oleh Korea Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Kamis 25 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement