Advertisement

Terjadi Suap Proyek Kereta Api, Begini Respons Presiden Jokowi

Akbar Evandio
Kamis, 13 April 2023 - 15:27 WIB
Sunartono
Terjadi Suap Proyek Kereta Api, Begini Respons Presiden Jokowi Jokowi Geram, Terjadi Kasus Suap di Proyek Kereta Api - BISNIS / Akbar Evandio

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan beberapa orang sebagai tersangka kasus suap proyek perkeretaapian. Para tersangka tersebut sebelumnya ditangkap lewat operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun angkat bicara soal aksi suap, yang setelah ditelisik, ternyata terkait proyek pembangunan jalur kereta api ganda Solo Balapan-Kadipiro-Kalioso dan proyek pembangunan jalur kereta api di Makassar Sulawesi Selatan.

Advertisement

“Ya, tidak mungkin semua proyek yang ribuan banyaknya itu tidak ada masalah. Pasti satu dua ada masalah. Oleh karena itu, kenapa Pemerintah terus kita kontrol di lapangan, orang dikontrol di lapangan aja masih ada masalah, apalagi tidak,” ujarnya usai meninjau harga komoditas di Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (13/4/2023).

BACA JUGA : Siap-Siap Macet karena HUT Jogja, Penumpang Kereta

Kepala Negara mengatakan bahwa blusukan-nya di lapangan, termasuk meninjau proyek-proyek yang sedang berjalan, adalah bentuk kontrol pemerintah agar semuanya berjalan sesuai target dan tak ada pelanggaran apapun di sana.

“Kita ini hampir setiap hari loh ke lapangan, mengecek ke lapangan, mengecek ini dan itu. Bahkan, itu pun masih ada masalah. Apalagi kalau tidak dicek,” ucapnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan 10 orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pembangunan dan pemeliharaan jalur kereta api. Korupsi ini terjadi di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Tahun Anggaran 2018-2022. Adapun penetapan tersangka terhadap 10 orang ini berawal dari OTT yang KPK lakukan di Semarang, Jakarta, Depok, dan Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement