Advertisement

Data Pribadi Murah, Penipuan Social Engineering Marak

Newswire
Sabtu, 18 Maret 2023 - 18:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Data Pribadi Murah, Penipuan Social Engineering Marak Ilustrasi Hacker - Sputniknews

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Peneliti Center of Economic and Law Studies (Celios), Muhammad Andri Perdana, menyebut murahnya data pribadi masyarakat Indonesia membuat marak terjadi penipuan social engineering (soceng).

Menurut dia, perlindungan data pribadi penduduk Indonesia masih sangat kurang, sehingga membuat banyak peretas bisa dengan mudah mendapatkannya.

Advertisement

“Hal ini memudahkan pelaku social engineering mencari dan menghubungi mangsa mereka. Kita lihat sudah terbilang sangat banyak data breach terhadap penduduk kita, mulai dari BPJS, Tokopedia, KPU, sampai Kominfo. Data-data masyarakat dijual bebas oleh peretas,” ujar Andri dikutip dari Solopos.com-jaringan Harianjogja.com Sabtu (18/3/2023).

Andri menambahkan lemahnya perlindungan data pribadi masyarakat Indonesia sampai membuat banyak perusahaan bisa mendapatkan data pribadi lewat berbagai sumber yang digunakan untuk tujuan perusahaan.

Menanggapi modus penipuan soceng terbaru dengan surat tilang ataupun tagihan kesehatan, Andri menjelaskan pelaku memanipulasi perasaan calon korban sampai merasa panik.

Baca juga: Tega! Rombongan Klitih Bawa Celurit Kejar Warga yang Tengah Berjaga di Rumah Duka

Tujuan pelaku adalah mengurangi rasionalitas calon korban. Menurut Andri, modus ini akan sangat berhasil ketika calon korban adalah masyarakat yang belum memahami modus penipuan social engineering.

“Masih memerlukan waktu untuk menjadi kesadaran umum di masyarakat, sehingga tingkat keberhasilannya masih tinggi,” jelas Andri.

Andri juga menuturkan bahwa pelaku social engineering semakin banyak karena melihat mudahnya penipuan ini dilakukan dan keuntungan yang mereka dapatkan.

Menurutnya, pemerintah dan aparat keamanan harus bergerak lebih proaktif dalam melakukan tindakan preventif dan menindak pelaku social engineering.

Senada dengan yang diucapkan Andri, pegiat keamanan siber Dwi Hartanto mengatakan penipuan social engineering masih sering ditemui karena masih banyak orang yang tidak berhati-hati menjaga informasi pribadi mereka dan mudah dimanipulasi.

Teknis Psikologis

Dwi mengatakan modus tagihan kesehatan dan surat tilang bertujuan memberi rasa panik kepada calon korban, karena pelaku social engineering menggunakan teknik psikologis dan emosional untuk mengelabui korban dan memanipulasi mereka untuk menuruti permintaan pelaku.

“Jika ada apapun yang aneh, jangan panik dan selalu periksa verifikasi informasi. Yang paling penting juga jaga kerahasiaan informasi pribadi karena hal itulah penyebab seseorang bisa menjadi target penipuan social engineering.

Pantauan Solopos.com, dugaan kebocoran data Tokopedia terjadi pada tahun 2020 dengan total 91 juta akun Tokopedia bocor dan dijual, sementara data BPJS diduga bocor pada pertengahan 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement