Advertisement

Harian Jogja

Mudik Gratis Kemenhub Dibuka Siang Ini, Ini Cara Daftarnya

Nova Malinda
Senin, 13 Maret 2023 - 12:37 WIB
Jumali
Mudik Gratis Kemenhub Dibuka Siang Ini, Ini Cara Daftarnya Pemudik tujuan Jakarta menunggu keberangkatan bus di terminal Giwangan pada arus balik Lebaran yang jatuh pada Minggu (8/5/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Ditjen Perhubungan Darat (Ditjenhubat) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) membuka pendaftaran program mudik gratis naik bus mulai, Senin (13/3/2023) pukul 14.00 WIB.

BACA JUGA: Mudik Motor Gratis Digelar Tahun Ini

Advertisement

BACA JUGA:  Tokopedia Bantu Perempuan Pelaku UMKM Memiliki NIB

Program mudik gratis tidak hanya berlaku untuk orang, tapi juga menggratiskan sepeda motornya ikut balik ke kampung. Masyarakat bisa aman naik bus dan sepeda motornya diangkut oleh armada yang disediakan Ditjenhubat.

Informasi dari akun Instagram @ditjen_hubat, seluruh pendaftaran dilakukan melalui online lewat aplikasi MitraDarat dan akan ditutup bila kuota sudah penuh.

Guna mempermudah pendaftaran, masyarakat diarahkan untuk meng-update MitraDarat ke versi 1.0.4 di Android atau versi 1.02 di IOS masing-masing. Beberapa yang perlu disiapkan untuk pendaftaran adalah e-mail akfif dan nomor WhatsApp aktif.

Setelah membuka aplikasi tersebut, klik menu log in kemudian masukkan e-mail dan WhatsApp di kolom yang disediakan. Masukkan kode OTP yang dikirim melalui via WhatsApp.

Bila sudah log in, klik ikon mudik gratis pada tampilan layar. Lalu pilih titik keberangkatan dan tujuan mudik. Setelah itu, pilih armada mudik yang sesuai. Selanjutnya isi identitas data penumpang. Kemudian klik selesaikan pesanan.

Saat berhasil, pendaftar akan mendapat bukti tiket mudik. Bukti tersebut bisa didapatkan dengan mengklik ikon mudik gratis, lalu klik ikon tiketku.

Pilih tiket yang sudah dipesan. Kemudian klik tombol lihat kode QR. Tunjukkan kode QR kepada petugas untuk validasi saat verifikasi tiket di lokasi yang sudah ditentukan. Pendaftaran akan ditutup sebulan lagi, tepatnya pada Jumat (14/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja
Baca Koran harianjogja.com

Advertisement

alt

Puluhan PNS Sleman Naik Pangkat saat Ramadan Ini

Sleman
| Rabu, 29 Maret 2023, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Deretan Negara di Eropa yang Bisa Dikunjungi Bagi Pelancong Berduit Cekak

Wisata
| Selasa, 28 Maret 2023, 05:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement