Advertisement

Hari Ini, Presiden Jokowi Lantik Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Akbar Evandio
Senin, 19 Desember 2022 - 09:37 WIB
Jumali
Hari Ini, Presiden Jokowi Lantik Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono (tengah) mengunjungi bakti sosial yang dilaksanakan di Bojongmanik Kabupaten Lebak, Banten. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022).

BACA JUGA: Jokowi Tunjuk Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Advertisement

Hal ini dikonfirmasi oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan melalui pesan singkat pada Minggu (18/12/2022).

“Iya besok [akan dilakukan pelantikan Panglima TNI], jam pelantikannya [dikabarkan] besok saja,” ujar dia kepada wartawan, Minggu (18/12/2022).

Sebelumnya, Jokowi menjelaskan alasan dirinya menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Kepala Negara mengatakan bahwa nama Yudo muncul lantaran adanya rotasi matra.

Untuk diketahui, Andika merupakan panglima dari matra darat. Sementara itu, sebelum Andika ada Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto yang dari matra udara.

“Satu yang kita ajukan Pak KSAL yang sekarang, karena memang kita rotasi matra,” katanya dalam tayangan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/11/2022).

Ketua DPR Puan Maharani resmi mengumumkan bahwa Jokowi Yudo Margono sebagai panglima TNI pengganti Andika Perkasa yang akan pensiun.

“Pada kesempatan ini, saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh presiden untuk mengantikan panglima TNI Andika perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) saat ini,” ujar Puan dalam konferensi pers di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Sebagai informasi, Yudo Margono merupakan KSAL TNI ke-27. Dia menjadi pemimpin tertinggi Angkatan Laut sejak 20 Mei 2020.

Sebelumnya, dia sempat menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Panglima Komando Armada I, dan Pangkolinlamil.

Yudo merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIII/1988.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mantan Rektor UNY dan Bupati Gunungkidul Bersaing Dapatkan Dukungan Partai di Pilkada

Gunungkidul
| Jum'at, 19 April 2024, 19:12 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement