Advertisement

Jokowi Tunjuk Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Surya Dua Artha Simanjuntak
Senin, 28 November 2022 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Jokowi Tunjuk Yudo Margono Jadi Panglima TNI Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono (tengah) mengunjungi bakti sosial yang dilaksanakan di Bojongmanik Kabupaten Lebak, Banten. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margano sebagai Panglima TNI menggantikan Andika Perkasa yang akan pensiun pada Desember 2022. Kepastian itu diungkapkan Ketua DPR Puan Maharani.

"Pada kesempatan ini, saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh Presiden untuk mengantikan Panglima TNI Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margano. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) saat ini," ujar Puan dalam konferensi pers di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Advertisement

Dia mengatakan secara resmi nama Yudo diserahkan lewat surat presiden (surpres) yang diterimanya pada Senin (28/11/2022) sore ini.

Puan menepis rumor bahwa nama surpres sudah sempat diberikan ke DPR dan ditarik kembali.

"Seperti ada spekulasi surat sudah dikirim dan diganti lagi," ucapnya.

Puan menjelaskan, Yudo akan melanjutkan mekanisme selanjutnya. yaitu mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test yang akan diselenggarakan Komisi I DPR.

Meski begitu, Puan belum dapat memastikan kapan uji kelayakan dan kepatutan tersebut akan digelar.

BACA JUGA: Survei Indikator: Polri Masih Terpuruk

"Dengan sudah resminya surat dari presiden kami terima, artinya bahwa Bapak Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf Angkatan Laut bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR untuk kemudian melaksanakan mekanisme fit and proper tes," kata Puan.

Sebagai informasi, Yudo Margono merupakan KSAL TNI ke-27. Dia menjadi pemimpin tertinggi TNI Angkatan Laut sejak 20 Mei 2020.

Sebelumnya, Yudo sempat menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, Panglima Komando Armada I, dan Pangkolinlamil. Dia merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIII/1988.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal dan Lokasi Bus SIM Keliling Bantul Sabtu 27 April 2024

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement