Advertisement

Iran Cawe-Cawe Bantu Rusia lewat Drone, Bakal Dilawan AS dan Uni Eropa

Erta Darwati
Jum'at, 21 Oktober 2022 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
Iran Cawe-Cawe Bantu Rusia lewat Drone, Bakal Dilawan AS dan Uni Eropa Iran Bantu Rusia Lewat Drone, AS dan Uni Eropa Akan Beri Perlawanan. Ilustrasi drone - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa akan terus melawan Iran setelah diduga  membantu pasukan Rusia untuk menginvasi Ukraina. 

AS dan Uni Eropa geram saat mengetahui bantuan pesawat nirawak (drone) buatan Iran untuk Rusia, yang akan digunakan untuk menyerang target di Ukraina. Hal itu pun dinilai akan memperburuk ketegangan kedua negara. 

Advertisement

Akibat serangan dari Rusia, warga Ukraina mengalami pemadaman listrik sejak perang 8 bulan lalu. Perbaikan pembangkit listrik yang rusak kini hanya dapat dilakukan menjelang musim dingin. 

Adapun, Juru bicara (Jubir) Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengungkap bahwa personel militer Rusia di Krimea telah menggunakan drone Iran, dan menyerang Ukraina. 

"Kami dapat mengkonfirmasi bahwa personel militer Rusia yang berbasis di Krimea telah mengemudikan UAV Iran dan menggunakannya untuk melakukan serangan kinetik di seluruh Ukraina, termasuk dalam serangan terhadap Kyiv dalam beberapa hari terakhir," kata Price dilansir ChannelNewsAsia, Jumat (21/10/2022). 

"Kami menilai bahwa personel militer Iran berada di lapangan di Krimea dan membantu Rusia dalam operasi ini," lanjutnya. 

Perlu diketahui, Rusia telah mengakuisisi Krimea dari Ukraina sejak 2014 dan menggunakan daerah di bagian selatan negara itu untuk melatih para tentaranya. 

BACA JUGA: PSI Pengin Nempel ke Gibran, Siap Dukung untuk Pilgub DKI atau Jateng

Selain itu, Rusia juga kembali membuka pangkalan militer Uni Soviet sebagai upaya untuk melakukan invasi ke Ukraina. 

Tak terlihat reaksi publik, usai Iran dituduh oleh AS telah memasok drone ke Rusia, hanya saja tetap membantah bahwa drone tersebut menurutnya bukan buatan Iran. 

Atas tudingan itu, Kementerian Pertahanan dan Luar Negeri Rusia tidak memberikan tanggapan dan komentar apapun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5 di Gunungkidul Terasa hingga Trenggalek

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement