Advertisement

Setelah Kematian Ratu Elizabeth II, India Minta Berlian Kohinoor Dikembalikan

Widya Islamiati
Sabtu, 17 September 2022 - 20:27 WIB
Budi Cahyana
Setelah Kematian Ratu Elizabeth II, India Minta Berlian Kohinoor Dikembalikan Ratu Elizabeth II - Royal.co.uk

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Setelah kematian Ratu Elizabeth II, banyak orang India yang meminta kerajaan mengembalikan berlian kohinoor yang terdapat pada mahkota ibu suri atau Ratu Elizabeth.

Berlian kohinoor merupakan berlian paling mahal di dunia. Disebut juga dengan sebutan Mountain of light yang harganya disebut-sebut tak ternilai dengan keunikannya.

Dilansir dari times, Sabtu (17/9/2022), berlian kohinoor dalam mahkota Ibu Suri adalah batu berlian berbentuk oval; dengan berat 105 karat. Berlian ini juga salah satu dari 2.800 batu yang dipasang di mahkota yang diperuntukkan ibu suri, ibu dari Ratu Elizabeth II.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Sejarah berlian kohinoor pada mahkota ibu suri dalam mahkota ini berkaitan dengan kekerasan. Pasalnya berlian ini berasal dari pertambangan Andhra Pradesh, dinasti Kakatiyan pada abad ke-12 hingga 14. Saat itu, berlian ini belum dipotong dan masih punyai punya berat 793 karat.

Pada abad ke-16, berlian ini dimiliki oleh Mughal, kemudian direbut oleh Persia dan Afghanistan. Dari sini, status kepemilikan berlian ini terus berpindah-pindah. Sikh Maharaja, Ranjit Singh kembali membawa berlian ini dari Afghanistan, lalu kemudian diakuisisi oleh Inggris selama aneksasi Punjab.

Sebuah perusahaan saham gabungan Inggris, East India Company kemudian mendapatkan berlian tersebut pada akhir 1840 bersamaan dengan penyerahan harta dan tanah milik Maharaja Dunjeep Singh.

Dari perusahaan saham, berlian ini kemudian dipersembahkan untuk Ratu Victoria, nenek buyut Ratu Elizabeth II. Berlian ini kemudian dipotong kembali untuk dipasangkan pada mahkota Ratu Alexandra dan Ratu Mary atas permintaan suami Ratu Victoria, Pangeran Albert, sebelum kemudian dipasangkan pada mahkota Ibu Suri pada tahun 1937.

Mahkota dengan berlian kohinoor ini kemudian dipakai oleh Ibu Suri pada penobatan Ratu Elizabeth II pada tahun 1953. Meskipun sudah dijadikan salah satu permata dari mahkota kerajaan Inggris sejak itu, namun pemerintahan Iran, Afghanistan, Pakistan serta India belum merelakan hal tersebut dan masih mengklaim berlian tersebut milik mereka.

Maka, tidak heran jika India masih ingin memiliki berlian tersebut dan menyebut Raja Charles harus mengakui sejarah “hitam” dari berlian pada mahkota tersebut. Bahkan, sebelumnya, setelah India merdeka tahun 1947 silam,

Advertisement

Pemerintah India telah meminta berlian ini, tepatnya pada penobatan Ratu Elizabeth II. Namun, tuntutan itu tidak didengar dengan alasan tidak ada dasar hukum untuk mengembalikan berlian kohinoor tersebut kepada India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

145 Badan Publik Raih Predikat Informatif pada Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi KID DIY

Jogja
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement