Advertisement

Berduka karena Lahan Bakal Ditambang, Warga Wadas Kibarkan Bendera Setengah Tiang di HUT RI

Bhekti Suryani
Rabu, 17 Agustus 2022 - 16:07 WIB
Bhekti Suryani
Berduka karena Lahan Bakal Ditambang, Warga Wadas Kibarkan Bendera Setengah Tiang di HUT RI Sejumlah warga Desa Wadas, Purworejo merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera setengah tiang, Rabu (17/8/2022) - Dok IG

Advertisement

Harianjogja.com, PURWOREJO--Warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia dengan suasana duka, akibat ruang hidup mereka yang terancam jadi lahan tambang.

Pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia pada Rabu (17/8/2022), mereka mengibarkan bendera setengah tiang tanda berduka akan nasib hidup mereka yang terancam tergusur akibat proyek tambang batuan andesit untuk material pembangunan Bendungan Bener, yang diklaim sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Advertisement

Dikutip dari akun resmi @wadas_melawan, Rabu (17/8/2022) warga Desa Wadas yang tergabung dalam Gempadewa, Kamudewa, dan Wadon Wadas mengadakan upacara 17 Agustus di lahan milik mereka yang akan dijadikan lokasi tambang batu andesit.

Mereka mengibarkan bendera merah putih setengah tiang saja karena warga Wadas belum merdeka dari ancaman rencana pemerintah menambang batu andesit di Wadas.

Bendera merah putih setengah tiang itu dikibarkan pada batang pohon jati dan mahoni. Ini merupakan simbol bahwa dua pohon itu dan yang lainnya akan hilang akibat dari aktivitas tambang.

BACA JUGA: Daftar 16 Parpol yang Tak Lolos Tahapan Pemilu 2024

"Warga Desa Wadas sudah berjuang bertahun-tahun menolak rencana pemerintah menambang batu andesit di desanya. Tetapi hingga saat ini pemerintah Presiden Joko Widodo masih memaksakannya," dikutip dari postingan @wadas_melawan.

Batu andesit akan digunakan untuk membangun Bendungan Bener di Purworejo yang ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Jika ditambang, warga Wadas akan kehilangan tanah pertanian yang menjadi sumber kehidupan mereka dan rusaknya lingkungan dan kebudayaan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Pemkab Kulonprogo Kembangkan Konservasi Air Berkelanjutan di Tiga Kapanewon

Kulonprogo
| Sabtu, 22 Juni 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement