Advertisement

Korea Utara Siap Konfrontasi Militer dengan Amerika Serikat

Nancy Junita
Sabtu, 30 Juli 2022 - 06:27 WIB
Budi Cahyana
Korea Utara Siap Konfrontasi Militer dengan Amerika Serikat Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memimpin pertemuan Sekretariat Komite Sentral Partai Buruh Korea di Pyongyang, Korea Utara, Senin (27/6/2022). - Reuters/KCNA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengatakan Korea Utara siap konfrontasi militer dengan Amerika Serikat (AS).

Demikian dikabarkan kantor berita KCNA yang dilansir dari BBC.com dan Sky News, Jumat (29/7/2022).

Advertisement

Kim mengatakan itu saat peringatan Perang Korea. Komentar itu muncul di tengah kekhawatiran bahwa Korea Utara mungkin sedang mempersiapkan uji coba nuklir ketujuh.

AS memperingatkan bulan lalu bahwa Pyongyang dapat melakukan tes semacam itu kapan saja. Uji coba nuklir terbaru Korea Utara adalah pada tahun 2017. Namun, ketegangan telah meningkat di semenanjung Korea.

Perwakilan khusus AS untuk Korea Utara Sung Kim mengatakan telah menguji jumlah rudal yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini - 31 dibandingkan dengan 25 selama seluruh tahun pemecahan rekor terakhir, 2019.

Pada bulan Juni Korea Selatan menanggapi dengan meluncurkan delapan rudalnya sendiri.

Meskipun Perang Korea 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata, Korea Utara mengklaimnya sebagai kemenangan melawan AS. Perayaan "Hari Kemenangan" tahunan ditandai dengan parade militer, kembang api, dan tarian.

Dalam pidatonya untuk menandai acara tersebut, Kim mengatakan ancaman nuklir dari AS mengharuskan Korea Utara untuk mencapai "tugas sejarah yang mendesak" untuk meningkatkan pertahanan diri.

AS telah salah mengartikan latihan militer reguler Korea Utara sebagai provokasi, tambahnya.

Kim juga muncul untuk menanggapi laporan bahwa Korea Selatan bergerak untuk menghidupkan kembali rencana  melawan ancaman nuklir Korea Utara dengan meningkatkan serangan pencegahan jika terjadi serangan yang akan segera terjadi.

Apa yang disebut strategi "Bunuh Rantai", pertama kali dielaborasi satu dekade lalu, menyerukan serangan pendahuluan terhadap rudal Pyongyang dan mungkin kepemimpinan seniornya.

Beberapa analis telah memperingatkan bahwa hal itu membawa risikonya sendiri dan dapat memicu perlombaan senjata.

Pada perayaan Hari Kemenangan Kim mengatakan bahwa pemerintahan dan militer Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol akan "dilenyapkan" jika dia melakukan serangan pendahuluan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement