Advertisement

Update Perang Rusia Vs Ukraina: Jet Tempur Rusia Tembak 2 Pesawat Ukraina

Nancy Junita
Sabtu, 16 Juli 2022 - 20:07 WIB
Budi Cahyana
Update Perang Rusia Vs Ukraina: Jet Tempur Rusia Tembak 2 Pesawat Ukraina Kendaraan militer yang hancur terlihat selama konflik Ukraina-Rusia di kota Rubizhne, wilayah Luhansk, Ukraina, 1 Juni 2022. - Antara/Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jet tempur Rusia menembak dua pesawat MiG-29 Angkatan Udara Ukraina dalam 24 jam terakhir dalam operasi militer khusus di Ukraina.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Letnan Jenderal Igor Konashenkov melaporkan, pesawat tempur Angkatan Udara Rusia menembak jatuh dua pesawat MiG-29 Angkatan Udara Ukraina di daerah pemukiman Slavyansk dan Druzhkovka di Republik Rakyat Donetsk, kata juru bicara tersebut dikutip dari TASS, Sabtu (16/7/2022).

Advertisement

Pesawat tempur Rusia, pasukan rudal dan artileri menyerang sekitar 230 sasaran militer Ukraina dalam 24 jam terakhir dalam operasi militer khusus mereka di Ukraina, Konashenkov melaporkan.

"Dalam 24 jam terakhir, pesawat terbang taktis operasional dan militer, pasukan rudal dan artileri menyerang 18 pos komando, dan juga tenaga kerja dan perangkat keras militer di 211 daerah," kata juru bicara itu.

Pesawat tempur multiperan MiG-29 direkayasa oleh Biro Desain Mikoyan pada 1970-an. MiG-29 dirancang untuk menyerang target udara terutama dalam bidang radarnya dan juga untuk menyerang target darat dengan roket dalam jangkauan visual.

Berbagai modifikasi pesawat tempur MiG-29 beroperasi di beberapa negara, termasuk Azerbaijan, Bangladesh, Belarus, Bulgaria, India, Kazakhstan, Polandia, Serbia, Slovakia, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Menurut data yang tersedia pada tahun 2021, Angkatan Udara Ukraina mengoperasikan 37 pesawat tempur MiG-29.

Pertahanan Udara

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Letnan Jenderal Igor Konashenkov melaporkan, sistem pertahanan udara Rusia juga menembak jatuh dua pesawat serang darat Su-25 Angkatan Udara Ukraina di wilayah Nikolayev dan sembilan kendaraan udara tak berawak di wilayah Kharkov dan Kherson dan di Republik Rakyat Lugansk.

Kemampuan pertahanan udara Rusia menembak jatuh dua pesawat Su-25 Angkatan Udara Ukraina di dekat pemukiman Barmashovo di wilayah Nikolayev dan juga sembilan kendaraan udara tak berawak Ukraina di area komunitas Balakleya, Izyum, Peschanoye dan Ternovaya di Kharkov. Region, Novaya Kakhovka di wilayah Kherson dan Vesyolaya Tarasovka di Republik Rakyat Lugansk, kata juru bicara itu.

Sistem pertahanan udara Rusia mencegat sembilan roket Uragan di wilayah pemukiman Khartsyzsk, Koroviy Yar dan Khanzhenkovo ​​di Republik Rakyat Donetsk, Andreyevka di Wilayah Kharkov dan Tomarino di wilayah Kherson, tambah jenderal itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penyair Joko Pinurbo Wafat, Jenazah Disemayamkan di PUKJ Bantul

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement