Advertisement

Janji Tidak Lagi Jadi Orang Terkaya di Dunia, Bill Gates Sumbangkan Hartanya ke Gates Foundation

Surya Dua Artha Simanjuntak
Jum'at, 15 Juli 2022 - 06:27 WIB
Sirojul Khafid
Janji Tidak Lagi Jadi Orang Terkaya di Dunia, Bill Gates Sumbangkan Hartanya ke Gates Foundation Bill Gates menjadi pembicara saat Bloomberg New Economy Forum di Beijing, China, Kamis (21/11/2019). Bloomberg - Takaaki Iwabu

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, berjanji akan sumbangkan hampir seluruh harta kekayaannya ke yayasan amal buatannya, The Gates Foundation.

Bulan ini, Gates berencana menyumbang US$20 miliar atau sekitar Rp301,7 triliun ke yayasan. Sumbangan tersebut diberikan agar yayasannya dapat menghabiskan US$9 miliar atau sekitar Rp135,8 triliun pertahun untuk kegiatan amal hingga 2026.

"Saya sangat bangga dengan peran yayasan dalam membantu memecahkan masalah besar seperti mencegah pandemi, mengurangi kematian anak, memberantas penyakit, meningkatkan ketahanan pangan serta adaptasi iklim, mencapai kesetaraan gender, dan meningkatkan hasil pendidikan," cuit Gates lewat akun Twitternya, @BillGates, pada Rabu (13/7/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menurut Forbes, saat ini jumlah harta kekayaan Gates mencapai US$118 miliar. Walau sudah menyatakan akan menyumbang 17 persen kekayaan pada bulan ini, Gates akan terus memberi sumbangan hingga hampir seluruh harta kekayaannya.

BACA JUGA: Gaji Perempuan dan Laki-Laki Paling Jomplang di Jenis Pekerjaan Ini

Dia bahkan menyatakan akan hilang dari daftar orang terkaya di dunia. "Saya akan turun dan akhirnya hilang dari daftar orang terkaya di dunia," tegasnya.

Bagi Gates, dia punya kewajiban untuk mengembalikan kepunyaannya ke masyarakat. Dia yakin kontribusinya dapat mengurangi penderitaan dan meningkatkan kehidupan banyak orang.

Tak lupa, Gates mengingatkan orang tajir dan punya hak istimewa lainnya untuk mengikuti jejaknya.

BACA JUGA: Rusia Tertarik Investasi Proyek Transportasi di IKN, KAI Menunggu Penugasan

Advertisement

Saat ini, Gates tercatat sebagai orang terkaya nomor empat di dunia. Namun, dia sempat jadi nomor satu selama 19 tahun, tepatnya pada 1995 sampai 2010, dan 2013 sampai 2017.

Gates dan istrinya, Melinda mendirikan The Gates Foundation pada 2000. Dengan bantuan yayasannya, mereka berharap setiap orang dapat memiliki kesempatan untuk hidup sehat dan produktif. Apalagi, menurut Gates, krisis besar di abad ini menuntut setiap orang berbuat lebih banyak.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Tepis Temuan ORI tentang Penjualan Seragam, Begini Penjelasan Disdikpora Bantul & Sekolah

Bantul
| Selasa, 27 September 2022, 17:02 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement