Advertisement

Fantastis! Arus Kas ACT Rp1 Triliun Per Tahun

Lukman Nur Hakim
Rabu, 06 Juli 2022 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
Fantastis! Arus Kas ACT Rp1 Triliun Per Tahun Kepala PPATK Ivan Yustiavandana (tengah) - JIBI/Bisnis.com/Lukman Nur Hakim

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mencatat arus perputaran uang Aksi Cepat Tanggap (ACT) mencapai Rp1 triliun per tahun.

“Jadi, dana masuk dan keluar itu per tahun itu perputarannya sekitar Rp1 triliun,” tutur Ivan Yustiavandana selaku ketua PPATK dalam konferensi pers, Rabu (6/7/2022).

Advertisement

BACA JUGA: Istri Mendadak Hilang saat Ditinggal Mandi, Suami Lapor Polisi

Ivan memaparkan bahwa transaksi keuangan yang dilakukan ACT bukan untuk kepentingan dari donasi atau aksi-aksi lainnya, namun demi kepentingan pribadi dari petinggi atau demi bisnis ACT.

“Jadi kita menduga ini merupakan merupakan apa transaksi yang dikelola dari bisnis ke bisnis jadi tidak murni menerima dan menghimpun dana kemudian disalurkan, tapi kemudian dikelola dulu di dalam bisnis tertentu,” ujar Ivan.

Ivan juga menambahkan bahwa terdapat beberapa transaksi dengan suatu perusahaan dalam kurun waktu dua tahun kebelakang dan angka transaksi tersebut mencapai angka Rp30 miliar. 

BACA JUGA: Kapolda DIY Temui Tokoh Masyarakat dari Kelompok yang Ricuh di Babarsari, Ini yang Dibicarakan

Sebelumnya, PPATK melakukan pemantauan dan analisis terkait penghimpunan dana yang dilakukan oleh ACT. Hasilnya, PPATK per hari ini memblokir atau membekukan 60 rekening milik Yayasan ACT.

"Per hari ini, putuskan untuk menghentikan sementara transaksi atas 60 rekening atas nama yayasan tersebut (ACT) di 33 penyedia jasa keuangan," tutur Ivan dalam sesi konferensi pers di Gedung PPATK, Jakarta Pusat, Rabu (6/7/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement