Advertisement

PERANG UKRAINA: Jubir Putin Ungkap Kehilangan Banyak Pasukan

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 09 April 2022 - 17:07 WIB
Bhekti Suryani
PERANG UKRAINA: Jubir Putin Ungkap Kehilangan Banyak Pasukan Anggota pasukan pro-Rusia berjalan melewati sebuah bangunan yang rusak akibat konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS - Alexander Ermochenko

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -  Juru bicara Vladimir Putin mengakui telah kehilangan banyak pasukan Rusia sejak invasi ke Ukraina dimulai, dan mengatakan ini adalah sebuah tragedi.

Dmitry Peskov, dalam wawancara siaran pertamanya dengan media Barat di Sky News, juga mengatakan Rusia berharap "operasi ini" akan mencapai tujuannya "dalam beberapa hari mendatang".

Advertisement

Dia mengatakan banyak kepalsuan dan kebohongan informasi dalam perang kali ini. Dan, katanya, foto serta gambar satelit yang diverifikasi dari warga sipil yang tewas di jalan-jalan kota Ukraina adalah "palsu".

"Kami menyangkal militer Rusia memiliki kekejaman ini dan mayat-mayat diperlihatkan di jalan-jalan Bucha," katanya dilansir dari Sky News.

Baca Juga:Ceramah di Masjid UGM, Ini Perbedaan Isu yang Diangkat Anies, Ganjar dan Ridwan Kamil

Dia menyebutkan, situasi di Bucha, di mana foto-foto menunjukkan banyak warga sipil Ukraina yang terbunuh, adalah "sindiran yang dipentaskan dengan baik".

Diminta untuk mengungkapkan berapa banyak warga sipil yang tewas sejak perang dimulai pada 24 Februari, Peskov mengatakan dia tidak ingin menjawab karena jumlahnya tidak "dikonfirmasi".

Peskov terus bersikeras itu bukan perang tetapi "operasi militer khusus" yang diperlukan karena, katanya, Ukraina telah menjadi "pusat anti-Rusia" sejak 2014, ketika Rusia mencaplok Krimea.

Namun dia mengakui mereka telah kehilangan banyak pasukan yang signifikan dan ini menjadi tragedi besar.

Diapun menanggapi pertanyaan kapan perang akan berakhir dengan mengatakan militer mereka melakukan yang terbaik untuk mengakhiri operasi itu.

"Dan kami berharap bahwa dalam beberapa hari mendatang, di masa mendatang, operasi ini akan mencapai tujuannya atau akan menyelesaikannya dengan negosiasi antara delegasi Rusia dan Ukraina."

Kremlin khawatir tentang keinginan Ukraina untuk bergabung dengan NATO selama bertahun-tahun, dan itu adalah salah satu alasan mengapa mereka melakukan invasi ke Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

PT Pos Indonesia KC Bantul Launching Digitalisasi Pasar Rakyat Angkruksari Kretek Bantul

Bantul
| Sabtu, 28 Januari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Resmi Dibuka, Ini Wahana Solo Safari Zoo yang Dahulu Taman Taru Jurug

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 08:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement