Enam Kota Ini Paling Meriah Rayakan Pesta Tahun Baru

Ilustrasi. - Freepik
02 Januari 2022 02:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Momen pergantian Tahun Baru biasanya dirayakan dengan cara yang meriah. Sejumlah daerah juga sudah menyiapkan tradisi unik. Di beberapa kota di dunia, juga memiliki cara berbeda untuk merayakannya.
Mulai dari pesta kembang api, live music, hingga melakukan ritual keagamaan. Masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Lantas, seperti apa kemeriahan perayaan Tahun Baru yang dikenal spektakuler di berbagai negara? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (1/12/2021).

1. Dubai, Uni Emirat Arab
Jika ingin melihat langsung pesta tahun baru terbesar di dunia, maka pilihan yang tepat jika Anda berkunjung ke Dubai. Dubai memiliki perayaan Tahun Baru spektakuler dan terbesar yang ada di dunia.
Bahkan, pesta kembang api yang dilangsungkan pada 2014 masuk sebagai perayaan kembang api terbesar dalam Guinness. Dubai menjanjikan pengalaman menakjubkan yang tidak bisa Anda rasakan di tempat lain. Burj Khalifa Tower menjadi tempat diselenggarakannya pesta kembang api. Meskipun Anda bukanlah miliarder yang bisa menikmati pesta tahun baru di bangunan tersebut, namun Anda tetap bisa pemandangan yang luar biasa tersebut di daerah sekitarnya.

2. Rio De Janeiro, Brasil
Tak hanya malam Tahun Baru saja, Rio de Janeiro, Brasil sudah terkenal dengan pesta malam minggu meriah yang sering dilangsungkan di Pantai Copacabana. Namun, bedanya saat malam tahun baru, pantai ini benar-benar akan berbeda dan menjadi hal yang luar biasa.
Saat tahun baru, setidaknya sekitar 2 juta pengunjung akan memadati pantai dengan menggunakan pakaian serba putih.
Warna putih diyakini sebagai warna keberuntungan untuk tahun yang akan datang. Dan saat detik-detik tahun baru akan tiba, maka Anda bisa melihat langsung bagaimana kemegahan dari pesta perayaan Tahun Baru spektakuler dan terbesar di dunia ini.
Pantai Copacabana akan dipadati dengan berbagai perayaan musik live, pesta kostum, tarian, banyak minuman mojitos, serta pesta kembang api yang besar. Tidak salah jika menjadikan tempat ini destinasi wisata yang cocok untuk tahun baru.

3. Edinburgh, Skotlandia
Rasanya Skotlandia cukup serius dalam merayakan pesta Tahun Baru, bahkan terdapat istilah yang diciptakan sendiri yaitu Hogmanay, di mana hari terakhir pada tahun tersebut dapat disamakan dengan perayaan Tahun Baru. Dan untuk wisata di Edinburg Skotlandia yang bisa dikunjungi adalah Princess Street Gardens. Di sini sering dijadikan tempat dilangsungkan berbagai perayaan seperti pesta DJ, layar raksasa, bar outdoor, konser, musikal, dan games.
Namun, saat Tahun Baru tiba, Anda bisa melihat atraksi dari kembang api raksasa yang menghiasi langit Ediburgh di malam hari sambil ditemani dengan “Auld Lang Syne” yang merupakan nyanyian klasik di Skotlandia. Perlu Anda ketahui, perayaan pesta Tahun Baru di sini dapat menghabiskan 4,5 ton kembang api. Setiap tahunnya, akan digelar acara perayaan pesta Tahun Baru spektakuler hingga 3 hari, dimulai sejak 30 Desember.

4. New York, Amerika Serikat
New York, Amerika Serikat juga menjadi kota yang bisa jadi rekomendasi untuk dikunjungi saat liburan Tahun Baru. Selalu ada pertunjukan spektakuler di sini. Sejak 1907, pada malam pergantian Tahun Baru di New York terdapat bola kristal besar yang akan diturunkan, tepatnya di Time Square. Meskipun tradisi ini sudah banyak diadaptasi di beberapa kota, hanya New York yang memiliki bola kristal terbesar ini. Selain itu, nuansa pesta perayaan yang ada di kota ini juga cukup meriah dan memberikan momen tersendiri.
Saat tahun baru tiba, bola kristal ini akan diturunkan dari ketinggian sekitar 70 kaki lebih. Penurunan ini sebagai tanda jika hari pertama pada Tahun Baru sudah tiba.
Biasanya, Time Square akan mulai dipenuhi dengan warga sekitar maupun wisatawan lainnya sejak pukul 3 siang dan waktu-waktu terpadatnya adalah saat menjelang pukul 11 malam. Sambil menunggu pergantian Tahun Baru, biasanya akan banyak artis-artis ternama di dunia yang akan turut memeriahkan pergantian tahun baru ini. Seru bukan?

5. Paris, Prancis
Kota romantis di dunia ini juga menawarkan perayaan Tahun Baru spektakuler. Perayaan Tahun Baru yang dilangsungkan di bawah Eiffel Tower menjadi momen terbaik yang tak akan terlupakan. Selain itu, ada alternatif lain tak kalah populer yang berada di Champs-Elysees. Di sini para penduduk akan memenuhi restoran dan bar yang ada di sekitar sejak pukul 21.00. Kemudian, suasana pesta akan berlanjut sampai mendekati detik-detik pergantian Tahun Baru. Saat dentang terakhir berbunyi, Anda akan melihat cahaya di kota ini yang jauh lebih bersinar dibandingkan lainnya. Alternatif wisata di Paris lainnya yang bisa dicoba yaitu menikmati pemandangan pesta kembang api di atas kapal Pesiar Seine.

6. Tokyo, Jepang
Tokyo termasuk sebagai salah satu negara dengan perayaan Tahun Baru spektakuler. Negara ini biasanya merayakan pesta Tahun Baru hingga 3 Januari. Setiap tahunnya, warga Jepang mempunyai tradisi Tahun Baru yang dinamakan Hatsumode, warga akan mengunjungi kuil dan candi pertama kali pada Tahun Baru.
Setelah bel yang ada di candi berbunyi hingga 108 kali saat tengah malam, maka seluruh warga nantinya akan berkumpul di berbagai kuil dan candi yang ada di berbagai kota demi menyambut pergantian tahun baru. Spot wisata Jepang yang populer untuk menyelenggarakan pesta tradisi Tahun Baru ini adalah di Zojoji Temple, Candi Buddha yang berada di kawasan Shiba, Tokyo. Di sini Anda bisa merayakan tradisi tahun baru bersama warga lokal lainnya.