Ini Jam yang Waktunya Paling Tepat di Dunia

Ilustrasi jam weker - wikihow.com
11 Oktober 2021 08:27 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Jika Anda penasaran apakah ada jam yang bisa menunjukkan paling tepat waktu di dunia? Maka inilah jawabannya. Jam buatan dua fisikawan Hidetoshi Yatori dan Jun Ye dianggap sebagai jam paling presisi atau paling tepat waktu di dunia.

Karena hal itu, mereka memperoleh uang sebesar US$3 juta karena telah membantu para ilmuwan mengembangkan jam tangan ultra-presisi untuk penelitian dan eksplorasi. 

Mereka menerima Penghargaan Terobosan 2022 dalam Fisika Dasar atas kontribusi signifikan mereka terhadap penemuan dan pengembangan jam kisi optik yang memungkinkan pengujian presisi fisika dasar. Hukum alam, ”Perwakilan dari Hadiah Terobosan diumumkan hari ini (9 September).

BACA JUGA : Pengunjung Malioboro Akan Dibatasi Maksimal Dua Jam

Yatori berbasis di Universitas Tokyo dan RIKEN di Jepang, dan Ye menyebut Universitas Colorado di Boulder dan Institut Nasional Standar dan Teknologi di Amerika Serikat. 

Karya Yatri dan Ye adalah kunci untuk menciptakan jam kisi optik, yang menurut perwakilan Hadiah Terobosan akan meningkatkan akurasi ketepatan waktu dengan faktor 1.000. Sebuah arloji baru kehilangan kurang dari satu detik, atau lebih dari dua kali lipat, jika dioperasikan selama 30 miliar tahun. 

Jam kisi optik adalah langkah maju dalam evolusi di luar Jam atom masa lalu, Ini didasarkan pada lompatan kuantum yang dibuat oleh elektron dari atom berenergi. Tentu saja, "1 detik" Secara formal didefinisikan Sebagai 9.192.631.770 siklus radiasi yang menyebabkan lompatan kuantum dengan memasukkan elektron ke dalam atom cesium.

Jam atom awalnya menggunakan radiasi frekuensi gelombang mikro untuk memicu lompatan ini. Pergantian cahaya, yang dicirikan oleh frekuensi sekitar 100.000 kali gelombang mikro, telah maju. Menurut perwakilan terobosan, frekuensi yang lebih tinggi ini memungkinkan akurasi penunjuk waktu yang lebih tinggi, mirip dengan jam tangan kakek dengan ayunan pendulum yang cepat.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia