Advertisement

Jokowi Minta Masyarakat di Pos Perbatasan Papua Makin Cinta Indonesia

Akbar Evandio
Minggu, 03 Oktober 2021 - 16:27 WIB
Sunartono
Jokowi Minta Masyarakat di Pos Perbatasan Papua Makin Cinta Indonesia Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, Kabupaten Merauke, Minggu (3/10/2021). - Youtube Sekretariat Presiden

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kawasan perbatasan menjadi beranda yang harus terus dibangun untuk merepresentasi kemajuan bangsa. Hal ini dia sampaikan dalam agenda peresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, Kabupaten Merauke, Minggu (3/10/2021) pukul 09.10 WIB.

“Kawasan perbatasan adalah beranda depan Indonesia yang mewakili wajah bangsa yang harus terus kita bangun agar bisa menjadi representasi kemajuan Indonesia yang membanggakan seluruh warga kita,” katanya lewat siaran resmi, Minggu (3/10/2021).

Advertisement

Lebih lanjut, dia menjelaskan sejak tujuh tahun terakhir telah memerintahkan membangun kembali pos lintas batas negara di berbagai titik di seluruh Tanah Air dengan wajah baru dengan tampilan baru. Selain itu yang paling penting adalah menerapkan cara-cara pelayanan baru yang lebih baik agar menjadi cerminan komitmen pemerintah dalam membangun Indonesia dari kawasan perbatasan.

BACA JUGA : Cegah Covid-19, Satgas TNI Bagi Masker untuk Warga

“Hadirin yang saya hormati pos lintas batas negara terpadu Sota merupakan PLBN kedelapan yang kami bangun di perbatasan-perbatasan Indonesia. PLBN kedua di Papua setelah PLBN Skouw di Jayapura,” katanya.

Jokowi melanjutkan, PLBN Sota dibangun dengan konsep yang terintegrasi, memiliki fasilitas yang lengkap, bangunan komersial, fasilitas umum dan sosial mess pegawai, tempat ibadah, pasar, jalan pedestrian, area parker, dan infrastruktur pendukung lainnya.

Dia berharap, hal tersebut akan membuat PLBN Sota dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih nyaman kepada masyarakat Indonesia yang melintasi perbatasan Indonesia menuju Papua Nugini dan meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan serta mendorong pertumbuhan sentra-sentra perekonomian baru.

“Saya juga harap PLBN Sota dapat membuat masyarakat di perbatasan makin cinta dan bangga negara kita Indonesia. Oleh karena itu, Pos Lintas Batas Negara terpadu Sota saya nyatakan diresmikan,” tuturnya.

Sekadar catatan, melanjutkan kunjungan kerja di Papua, Presiden Jokowi bertolak ke Kabupaten Merauke, Minggu (03/10/2021). Bersama rombongan terbatas, Presiden lepas landas dari Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.30 WIT.

Setibanya di Kabupaten Merauke, Presiden akan meresmikan terminal baru Bandar Udara Mopah dengan menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian. Setelah itu, Presiden akan melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Sota dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Di sana, Presiden diagendakan meresmikan Pos Lintas Batas Negara Sota, Kabupaten Merauke.

BACA JUGA : TNI Bagikan Masker di Perbatasan Indonesia-Papua nugini

Setelahnya, Presiden akan menuju Kantor Bupati Merauke untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat dan pelajar. Presiden juga dijadwalkan untuk meresmikan Rumah Sakit Jenderal TNI L.B. Moerdani, Distrik Margamulya, Kabupaten Merauke.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan ke Merauke yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, serta Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement