Kasus Covid-19 Negara Lain Melonjak, Masyarakat Diimbau Tetap Patuh Prokes

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Harian Jogja/Dok
11 September 2021 20:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Masyarakat diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar Indonesia tidak kembali mengalami lonjakan kasus Covid-19.

"Di negara-negara tetangga kita, seperti Malaysia, India, bahkan Singapura saat ini kembali mengalami lonjakan kasus Covid-19, karena pelanggan protokol kesehatan," ujar Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono  dalam konferensi pers kedatangan vaksin tahap 56 dan 57, yang dipantau via daring di Jakarta, Sabtu (11/9/2021).

Ia menambahkan meskipun jumlah kasus aktif dan angka kematian akibat Covid-19 menurun, vaksinasi yang sedang berjalan juga sangat baik, protokol kesehatan tetap harus diterapkan dengan baik.

"Selain menerapkan protokol kesehatan, jangan lupa untuk mengikuti program vaksinasi nasional," ucapnya.

Ia mengaku pihaknya membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar siapapun tidak boleh tertinggal dalam program vaksinasi nasional.

"Sekali lagi, jangan ragu untuk divaksinasi dan tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan, Insya Allah dengan ikhtiar bersama dan segenap pihak kita dapat melewati pendemi ini dengan baik," tuturnya.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Booster Hanya untuk Orang dengan Imun Lemah

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 pada Jumat (10/9), sebanyak 40.867.993 warga Indonesia telah memperoleh vaksin Covid-19 dengan dosis lengkap atau dua kali suntikan. Sementara itu, sebanyak 71.175.259 orang telah menjalani vaksinasi Covid-19 dengan dosis pertama.

Pemerintah Indonesia menargetkan sasaran vaksinasi Covid-19 sebanyak 208.265.720 orang.

Dalam kesempatan itu, Dante juga meminta kepada masyarakat untuk mematuhi kebijakan yang sudah dikeluarkan pemerintah demi kebaikan bersama.

"Kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang saat ini masih berlangsung bertujuan agar jangan sampai Indonesia kembali mengalami lonjakan kasus," kata Dante.

Sumber : Antara