Advertisement

Kecelakaan Perahu di Nigeria, 156 Orang Diperkirakan Tenggelam & Tewas

John Andhi Oktaveri
Sabtu, 29 Mei 2021 - 02:27 WIB
Budi Cahyana
Kecelakaan Perahu di Nigeria, 156 Orang Diperkirakan Tenggelam & Tewas Ilustrasi - pannigeriavoice.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Petugas penyelamat Nigeria mengangkat puluhan mayat setelah sebuah perahu yang penuh sesak saat melayari sungai tenggelam. Lebih dari 150 orang hilang dan dikhawatirkan meninggal dunia.

Korban selamat dan sejumlah pejabat mengatakan hanya 20 orang yang diselamatkan pada Rabu ketika perahu kayu yang mengangkut penumpang ke pasar pecah dan tenggelam saat melakukan perjalanan antara negara bagian Niger tengah dan Wara di negara bagian Kebbi barat laut.

Advertisement

“Sembilan mayat telah ditemukan. Sejauh ini baru 45 mayat yang ditemukan. Pencarian terus berlanjut untuk menemukan lebih banyak mayat,” ujar Abubakar Shehu, seorang pejabat lokal yang mengawasi operasi penyelamatan sebagaimana dikutip Aljazeera.com, Jumat (28/5/2021).

Tragedi perahu sungai biasa terjadi di perairan Nigeria yang sebagian besar karena kepadatan penumpang yang berlebihan, cuaca dan kurangnya perawatan. Akan tetapi, tetapi jumlah korban menjadi salah satu yang paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir.

Presiden Muhammadu Buhari pada Rabu menyebut kecelakaan itu "sangat menghancurkan" setelah otoritas saluran air pedalaman negara itu mengatakan hanya 20 orang telah diselamatkan dan 156 lainnya masih hilang.

Ali Ibrahim Garba, yang mengenakan jaket pelampung oranye saat  berdiri di dekat perahu kayu di tepi sungai, mengatakan tim penyelamat masih mencari orang hilang dan berupaya menyelamatkan sebanyak yang mereka bisa.

"Saat ini kami sedang mencari tiga orang, satu pria dan dua wanita," katanya.

Manajer lokal perusahaan pelayaran itu, Yusuf Birma, mengatakan kepada wartawan pada Rabu bahwa kapal itu penuh sesak dengan sekitar 180 orang penumpang dan tenggelam satu jam dalam perjalanannya.

Bupati setempat, Abdullahi Buhari Wara mengatakan bahwa  perahu itu juga memuat karung pasir dari tambang emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement