Advertisement

Haji 2021 Masih Belum Pasti, Kemenag Tetap Lanjutkan Persiapan

Rayful Mudassir
Selasa, 09 Maret 2021 - 18:37 WIB
Nina Atmasari
Haji 2021 Masih Belum Pasti, Kemenag Tetap Lanjutkan Persiapan Ketum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, Sekjen Abdul Rochman dan beberapa pengurus saat webinar dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, beberapa waktu lalu. - GP ANsor

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Agama terus melakukan persiapan terkait ibadah haji, sambil masih menunggu kabar resmi pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji 2021.

Menteri Agama Menag Yaqut Cholil Qoumas mengatakan persiapan penyelenggaraan ibadah haji terus dilakukan. Penyiapan dokumen jemaah tetap dilakukan bertahap termasuk pembahasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) mulai dilakukan dengan Komisi VIII DPR.

Advertisement

Selain itu, tim manajemen krisis bentukan Menag juga terus mempersiapkan beragam skenario pelaksanaan haji. Di sisi lain, komunikasi dengan Konsul Haji KJRI di Jeddah tetap dilakukan.

Baca juga: Pembebasan Lahan Proyek Tol Semarang - Demak Bermasalah

"Kepastian tunggu info resmi dari Saudi. Sampai hari ini, belum ada info resmi dari Saudi terkait kepastian penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M," katanya, Selasa (9/3/2021).

Sementara itu, Menag juga menanggapi adanya syarat yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Saudi bahwa jemaah haji wajib vaksin. Dia mengaku belum mengetahui apakah syarat itu bersifat internal atau berlaku untuk negara lain.

Kata dia, berita tersebut tidak bisa dijadikan dasar karena belum menerima surat pemberitahuan resmi dari pemerintahan Raja Salman.

"Dalam berita kan tidak ada penegasan syarat vaksin itu apakah untuk persiapan internal Saudi, ataukah juga merupakan pesan buat negara pengirim jemaah lainnya. Tidak ada keterangan tentang itu," ujarnya.

Baca juga: Kemendikbud Pastikan Agama dan Pancasila Tetap Ada di Peta Jalan Pendidikan 2020-2035

Senada, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menuturkan bahwa pernyataan Menteri Kesehatan Saudi bukan kepada jemaah haji tapi terkait petugas medis internal Kemenkes Saudi yang akan berpartisipasi pada musim haji tahun 2021.

"Saya sudah koordinasi dengan pihak Kemenkes Saudi dan Jubir Kemenhaj bahwa untuk petugas haji dari luar Saudi dan jemaah haji luar Saudi belum ada pernyataan terkait vaksin ataupun yang lainnya," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement