Menkes Minta Ibu-ibu Bantu Tingkatkan Kepatuhan Protokol Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan paparan saat menghadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021). - Antara
23 Januari 2021 14:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menilai Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bisa membantu mengubah perilaku masyakat lebih disiplin menjalankan protokol Covid-19. Alasannya banyak suami takut kepada istrinya.

"Perubahan perilaku harusnya PKK ya. Apa yang ditakuti seorang pria? Istri [ibu-ibu]" ujar Budi seperti dikutip dari kanal YouTube Pikiran Rakyat Media Network Suara Cimahi (PRMN SuCi) pada 22 Januari 2021.

BACA JUGA : Langgar Prokes, Sejumlah Pedagang di Sleman Ditegur

PKK merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

Menurut Budi, melalui PKK, setiap istri bisa mengajarkan dan mengingatkan para suami beserta anak-anaknya untuk menerapkan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak).

"Saya saja pergi suka dimarahin istri, nurut. Katanya, 'mana nih maskernya, masa menkes lupa' gitu," kata Budi.

Budi menyayangkan bahwa selama ini masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

BACA JUGA : Jadikan Prokes sebagai Gaya Hidup

"Unfortunately, Indonesia enggak disiplin masyarakatnya. Kalau Indonesia disiplin masyarakatnya, ini bisa (mengatasi pandemi Covid-19)," ucap Budi.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia