Muncul Kasus Positif Covid-19 Usai Suntik Vaksin, Ini Kata Ahli Vaksin

Dokter Dirga Sakti Rambe
23 Januari 2021 11:57 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Di tanah air muncul kabar sejumlah kasus positif covid-19 usai mendapatkan vaksin. Akhirnya, muncul anggapan jika kasus positif itu karena dampak dari suntik vaksin tersebut.

Namun, Ahli Vaksin Dirga Sakti Rambe menegaskan jika semua jenis vaksin Covid-19 yang tersedia saat ini termasuk Sinovac, tidak menyebabkan PCR positif.

BACA JUGA : Sudah Disuntik Vaksin Bupati Sleman Tetap Terinfeksi

"Bila PCR positif beberapa saat setelah vaksinasi, berarti ia sebelumnya terpapar virus," ujarnya dalam akun twitter resminya.

Menurutnya, yang diharapkan pascavaksinasi adalah tes antibodi menjadi reaktif. Artinya, kekebalan timbul. Dia juga menambahkan, vaksinasi harus dilakukan bersama dengan 3M agar proteksi optimal. 

Program vaksinasi di Indonesia sendiri sudah dimulai sejak 14 Januari 2020 lalu. Adapun Presiden Jokowi menjadi salah satu yang menjadi orang yang disuntik vaksin. 

Program vaksinasi massal sendiri akan berlangsung selama 15 bulan mulai Januari 2021 hingga Maret 2022. Hingga saat ini, vaksinasi massal menggunakan buatan Sinovac perusahaa  asal China.

BACA JUGA : 26.800 Vaksin Covid-19 Sudah Tiba di Jogja

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia