Advertisement

Operasi Lilin Candi di Magelang Fokus Tegakkan Prokes Covid-19 Saat Libur Nataru

Nina Atmasari
Jum'at, 18 Desember 2020 - 08:17 WIB
Nina Atmasari
Operasi Lilin Candi di Magelang Fokus Tegakkan Prokes Covid-19 Saat Libur Nataru Rakor Lintas Sektoral Menjelang Libur Natal Dan Tahun Baru 2020-2021, Kamis (17/12/2020). - Ist/dok Prokompim Pemkab Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG-- Operasi Lilin Candi 2020 yang akan dilaksanakan pada Natal 2020 dan Tahun baru (Nataru) 2021 di Polres Magelang tahun ini bakal berbeda dari tahun sebelumnya. Penyebabnya, saat ini masih dalam masa pandemi Covid 19.

Atas dasar itulah, menjelang libur Nataru 2020-2021, Polres Magelang menggelar rapat koordinasi lintas sektoral. Hal ini untuk mempersiapkan pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2020 dengan mengedepankan dan memastikan penerapan protokol kesehatan Covid19.

Advertisement

Waka Polres Magelang, Kompol Aron Sebastian, mengatakan perlu adanya persiapan dan koordinasi lintas sektoral guna menjamin operasi tetap mengedepankan dan memperhatikan protokol kesehatan Covid 19.

Baca juga: Delirium Disebut-sebut Jadi Gejala Baru Covid-19, Begini Kata Dokter RSA UGM

"Protokol kesehatan harus kita kedepankan dalam pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2020 untuk memutus mata rantai penyebaran Covid- 19," katanya, dalam rapat, Kamis (17/12/2020).

Ia menyebutkan Kabupaten Magelang memiliki destinasi wisata berskala Internasional yang akan ramai dikunjungi pada masa liburan akhir tahun. Hal ini akan berpotensi terhadap kemacetan karena masyarakat saat ini sudah banyak melaksanakan aktivitas seperti biasa.

Dalam Operasi Lilin Candi 2020, kegiatan ibadah Natal bagi umat Kristiani tetap dilaksanakan, namun tetap harus memperhatikan standar protokol kesehatan Covid 19. "Kegiatan ibadah gereja tidak dilarang, namun pelaksananya agar disesuaikan dengan protokol kesehatan," jelasnya.

Baca juga: Ini Tarif PCR dan Rapid Test Antigen di 7 Bandara Angkasa Pura I, Termasuk YIA

KabagOps Polres Magelang, Kompol Maryadi menyebutkan Operasi Lilin Candi 2020 akan digelar selama 15 hari, mulai tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Polres Magelang bakal menurunkan sebanyak 221 personil,

Adapun untuk pengamanan objek vital dan keramaian saat Natal serta malam Tahun Baru 2021 akan diterjunkan sebanyak 122 personil.

Di Kabupaten Magelang, tempat ibadah yang akan digunakan untuk melaksanakan ibadah Misa Natal sebanyak 54 Gereja, dengan rincian 48 gereja, 5 kapel dan 1 rumah ibadah.

"Personil pengamanan telah kami plotting dan tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan", kata Maryadi.

Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, yang juga sebagai Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Magelang mengatakan sampai saat ini Pemkab Magelang masih memberlakukan setiap kegiatan masyarakat harus memiliki izin guna mengurangi kerumunan masyarakat.

"Kami meminta kerumunan masyarakat bisa diminimalisir, tidak dilarang menjalankan kegiatan masyarakat, silakan berizin," ujar Nanda.

Ia menyebutkan kegiatan masyarakat hanya bisa diberikan izin maksimal50 orang, mengingat angka kenaikan masyarakat yang terpapar Covid 19 masih tinggi di Kabupaten Magelang.

"Tentunya kami mendukung apa yang telah direncanakan Polres Magelang dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement